Breaking News:

Survei LSI : 34,6 Persen PNS Nilai Korupsi di Indonesia Terus Meningkat

mayoritas PNS atau sebanyak 34,6 persen PNS menilai korupsi di Indonesia saat ini kian memburuk atau terus meningkat.

Tribunnews.com
Djayadi Hanan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terkait persepsi korupsi dari pandangan kalangan pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia.

Berdasarkan hasil survei, mayoritas PNS atau sebanyak 34,6 persen PNS menilai korupsi di Indonesia saat ini kian memburuk atau terus meningkat.

"Sekitar 34,6 persen (PNS) menjawab tingkat korupsi di Indonesia saat ini meningkat, sementara 33,9 persen menyatakan tidak ada perubahan, dan 25,4 persen mengatakan menurun," ujar Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, dalam diskusi daring bertajuk 'Tantangan Reformasi Birokrasi: Persepsi Korupsi, Demokrasi, dan Intoleransi di Kalangan PNS', Minggu (18/4/2021).

Dalam survei kali ini, LSI melibatkan sebanyak 1.201 PNS untuk menjadi responden. Mereka diwawancarai dalam kurun waktu 3 Januari-31 Maret 2021.

Untuk populasi PNS yang disurvei mencakup PNS di 14 provinsi dan menggunakan metode multistage random sampling melalui wawancara tatap muka.

Baca juga: Dugaan Korupsi Dinas Damkar, Kejari Depok Banjir Karangan Bunga, Begini Reaksi Wakil Wali Kota

Djayadi sendiri mengatakan mayoritas PNS yang menyatakan korupsi terus meningkat di Indonesia masih terbilang rendah dalam jumlah jika dibandingkan dengan persepsi publik terhadap situasi korupsi di Indonesia.

Sebab, persepsi publik terhadap korupsi yang merupakan hasil survei LSI pada Desember 2020 menunjukkan ada 56,4 persen dari total responden beranggapan korupsi di Indonesia meningkat.

Bahkan 58,3 persen pelaku usaha dan 57,6 persen pemuka opini, juga memiliki persepsi yang sama.

Baca juga: Buntut Bongkar Dugaan Korupsi, Sandi Diintimidasi, LPSK Tawarkan Perlindungan 

Namun yang menjadi catatan penting, kata Djayadi, bahwa bukan hanya masyarakat umum yang beranggapan korupsi di Indonesia memburuk, tetapi juga para pegawai negeri sipil.

Halaman
12
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved