Breaking News:

Mahasiswa dan Milenial Apresiasi Inovasi SIM Nasional Presisi

"Terima kasih Bapak Kapolri yang telah menciptakan aplikasi SINAR ini sehingga saya dapat memperpanjang SIM C saya tanpa keluar rumah."

Tribunnews/Irwan Rismawan
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memberikan sambutan saat menghadiri peluncuran aplikasi Propam Presisi di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (13/4/2021). Aplikasi Propam Presisi tersebut diciptakan oleh Divisi Profesi dan Pengamanan (Divpropam) Polri sebagai sarana pengaduan terkait oknum polisi maupun PNS di kesatuan Polri agar bisa melapor lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel, dan informatif. Tribunnews/Irwan Rismawan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Testimoni ucapan terima kasih dari sejumlah masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) melalui Aplikasi SINAR atau SIM Nasional Presisi yang diluncurkan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) sempat viral di media sosial (Medsos).

Menanggapi hal itu, Koordinator Aliansi Mahasiswa dan Milenial Indonesia (AMMI), Nurkhasanah mencermati fenomena tersebut menunjukkan, ada rasa kepuasan dari masyarakat terhadap inovasi Polri yang dinilai sangat memudahkan dalam pengurusan SIM.

Baca juga: Inilah Penampakan Posko Presisi di Lantai 3 Bareskrim Polri, Bisa Diakses Via Aplikasi Smartphone

"Kami mencermati dari video yang sempat viral di medsos dengan menampilkan sejumlah tanggapan positif dari masyarakat yang melakukan permohonan perpanjangan dan pembuatan SIM dari rumah masing-masing melalui aplikasi SINAR yang diluncurkan Kepolisian membuktikan bahwa pelayanan Polri semakin baik," ujar Nurkhasanah saat dihubungi, Senin (19/4/2021).

Dia juga mengungkapkan, inovasi SINAR telah menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan perkembangan zaman saat ini karena tidak perlu lagi repot-repot mengurus SIM ke Satpas dan ngantri berlama-lama namun cukup dilakukan dari rumah dengan cepat dan simpel dari ponsel mereka.

"Kepemimpinan Kapolri Listyo Sigit Prabowo dengan ide-ide baru telah menghasilkan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam hal ini, Kakorlantas juga dengan cerdasnya mengejawantahkan program Kapolri dengan sigap," jelasnya.

Baca juga: Pentingnya Implementasi Data Desa Presisi Agar Program Pemerintah Tepat Sasaran

Dari hasil penelusuran dalam video yang viral di media sosial tersebut diantaranya diungkapkan seorang pemohon atas nama Fido yang telah memperpanjang SIM secara online melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, lalu memilih icon SINAR didalamnya.

Dia menjelaskan kemudahan dalam proses perpanjang SIM secara online mulai dari daftar hingga SIM baru yang sudah jadi diantar ke alamat rumah melalui PT Pos.

"Saya sangat berterima kasih sekali kepada Polri, karena dengan adanya perpanjang SIM online ini kita jadi lebih mudah dan tidak perlu antri panjang lagi," ujar Fido dalam statementnya melalui video.

Selain itu, seorang pria sambil memegang SIM C baru, menyampaikan terima kasih kepada Kapolri karena telah mempermudahnya dalam proses pengurusan SIM secara online dengan menciptakan aplikasi SINAR.

"Terima kasih Bapak Kapolri yang telah menciptakan aplikasi SINAR ini sehingga saya dapat memperpanjang SIM C saya tanpa keluar rumah. Dan saya mendapatkan SIM ini diantar melalui Pos," jelasnya.

Seorang warga Denpasar menyampaikan terima kasih kepada Polresta Denpasar karena proses pembuatan SIM melalui aplikasi SINAR telah memudahkannya dalam pembuatan SIM. "Terima kasih Polresta Denpasar, aplikasi SINAR sangat membantu saya dalam proses pembuatan SIM," urai dia.

Seorang warga Denpasar lainnya juga menyatakan bahwa dirinya dapat memperpanjang SIM secara online dengan sangat mudah berkat aplikasi SINAR sehingga dia sangat terbantu.

"Terima kasih Polresta Denpasar, sekarang SIM perpanjangan online saya sudah terbit berkat adanya aplikasi yang mempermudah dan sangat membantu saya," ucap perempuan berbaju merah dalam sebuah video.*

Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved