Breaking News:

Kementan Bantu Asuransi Pertanian 100.000 Ha Sawah di Subang

Kementerian Pertanian (Kementan) berikan bantuan asuransi pertanian untuk Kabupaten Subang.

Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke dua daerah di Jawa Barat, Subang dan Karawang, Sabtu (6/6/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, SUBANG - Kementerian Pertanian (Kementan) berikan bantuan asuransi pertanian untuk Kabupaten Subang.

Bantuan Asuransi pertanian tersebut berupa asuransi CPCL petani yang dibiayai negara untuk 1 tahun dengan kuota asuransi seluas 100.000 hektar (Ha) lahan pertanian.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) minta Pemerintah Daerah (Pemda)untuk mendorong petani mengikuti Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) . Pemerintah memberikan subsidi premi asuransi tani sebesar Rp 144 ribu/ha.

“AUTP ini akan terus kami sosialisaikan ke petani. Karena ini menjadi bentuk perlindungan kepada mereka dan saat ini sudah banyak petani yang menjadi anggota AUTP,”  kata Mentan SYL, Rabu (28/4/2021).

Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP), Kementerian Pertanian (Kementan), Sarwo Edhy mengatakan, dengan adanya AUTP, petani yang terkena musibah banjir atau kekeringan bisa mendapatkan ganti rugi.

“Dengan membayar premi hanya Rp 36 ribu/ha/musim, petani yang sawahnya terkena bencana banjir, kekeringan dan serangan OPT dapat klaim (ganti) Rp 6 juta/ha,” kata Sarwo Edhy.

Sarwo Edhy berharap, dengan harga premi yang sangat murah petani padi bisa menjadi peserta AUTP. Jika melihat perkembangan peserta AUTP, sejak tahun 2017 hingga kini cenderung meningkat.

Adanya tren positif peserta AUTP menurut Sarwo, karena pelaksanaan asuransi pertanian yang bekerjasama dengan PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) ini memberikan berbagai keuntungan bagi petani/peternak. Bukan hanya nilai premi yang dibayarkan petani cukup murah, tapi juga memberikan ketenangan dalam berusaha.

“Petani dan peternak semakin mengerti manfaat dan peluang dari asuransi ini. Hanya dengan seharga satu bungkus rokok, petani dan peternak bisa tidur tenang. Petani tidak tahun lahannya rusak terkena banjir, kekeringan atau terserang hama penyakit,” tuturnya.

Bupati Subang H. Ruhimat saat menerima kunjungan Kementerian Pertanian yang diwakili Direktur Pembiayaan Direktorat Pembiayaan Ditjen PSP Kementan Indah Megahwati menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya.

Halaman
12
Editor: Content Writer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved