Breaking News:

Kapal Selam Nanggala Hilang Kontak

TNI AL Bantah Kabar yang Sebut KRI Nanggala Tidak Pernah Latihan Sejak 2018

TNI AL membantah berita media online nasional yang mengutip dari surat kabar Korea Selatan Hankook llbo yang mengatakan bahwa kapal selam KRI Nanggala

Foto: Dinas Penerangan Angkatan Laut
KRI Nanggala-402 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - TNI AL membantah berita media online nasional yang mengutip dari surat kabar Korea Selatan Hankook llbo yang mengatakan bahwa kapal selam KRI Nanggala-402  tidak pernah latihan selama lebih kurang tiga tahun.

TNI AL menyatakan isi berita tersebut tidak sesuai dengan fakta kenyataan dimana sebenarnya selama tiga tahun terakhir kapal KRI Nanggala-402 termasuk kapal perang yang aktif melaksanakan latihan dan operasi.

Selama kurun 2018 sampai dengan saat ini tercatat sudah melaksanakan sejumlah latihan dan operasi.

Latihan dan operasi tersebut antara lain latihan Operasi Komodo Jaya 18, Dukungan Latihan Passusla, Latihan Armada Jaya 19, Latihan Armada 20, dukungan Peperangan Laut Khusus, Dukungan Latopslagab 20 dan Operasi Komodo Jaya serta latihan rutin secara internal yang dilaksanakan seminggu dua kali.

Baca juga: TB Hasanuddin Imbau Perlakukan Prajurit Tewas di Medan Tempur Sama Seperti KRI Nanggala 402

Keterangan masih aktifnya KRI Nanggala-402 dalam latihan dan operasi 3 tahun yang lalu diberikan Komandan kapal selam KRI Nanggala-402 ke 19 Letkol Laut (P) Yulius Azz  Zaenal yang menjabat sampai tahun 2019.

"Ia bahkan membawa berlayar KRI Nanggala-402 ke Natuna saat peresmian Satuan TNI Terintegrasi di Natuna," kata keterangan resmi Dinas Penerangan TNI AL dikutip pada Rabu (28/4/2021).

Dengan demikian TNI AL menyatakan apa yang diberitakan media online nasional yang mengutip media Korea Selatan tersebut tidak benar.

Penulis: Gita Irawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved