Breaking News:

Idul Fitri 2021

Polisi akan Jaga Ketat Tempat Wisata, Satgas Ingatkan Soal OTG Saat Momen Lebaran

Erlina berharap, masyarakat mampu menahan diri untuk tidak berkerumun sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

WARTAKOTA/Nur Ichsan
Sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan Kota Tangerang Memberi penjelasan terhadap calon penumpang yang akan pulang kampung lebih.awal di Terminal Poris Plawad, Pasar Lembang, serta sejumlah Agen Bus dan Pool Bus, jelang diberlakukannya peniadaan mudik lebaran tahun ini, Kamis (29/4/2021). Kegiatan ini dilakukan jelang diberlakukannya larangan mudik sekaligus sebagai langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia perlu belajar dari kondisi lonjakan kasus virus covid-19 yang sangat drastis di India.

Dokter spesialis paru dari Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia(UI) Erlina Burhan mengatakan meskipun banyak yang menyalahkan adanya varian baru di India yang menyebabkan pelonjakan kasus baru Covid-19, akan tetapi perlu memikirkan kemungkinan penyebab lain.

Ia mengatakan, di India banyak dilakukan kumpul massa sejak Maret dan April, baik dalam bentuk kampanye politik, pertandingan kriket dengan hanya sedikit penonton yang menggunakan masker, hingga festival keagamaan Kumbh Mela yang dihadiri jutaan orang.

Kegiatan keagamaan lain seperti haji di Saudi Arabia dan perayaan tahun baru di China sudah melakukan pembatasan jumlah orang yang lebih signifikan dibandingkan dengan Kumbh Mela di India.

"Indonesia harus belajar dari India dengan bersama-sama membatasi diri untuk berkumpul menjelang salah satu cara keagamaan terbesar di Indonesia Idul Fitri," tuturnya, Kamis (29/4/2021).

Ia berharap, masyarakat mampu menahan diri untuk tidak berkerumun sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona.

"Pertemuannya diganti virtual saja. Salamannya dari jauh dan sekarang amplopnya bisa transfer. Kita harus jaga diri membatasi diri agar penyebaran virus ini bisa dikendalikan," pesan dokter RSUP Persahabatan ini.

Baca juga: Irjen Pol Istiono: Titik Penyekatan di Jawa Timur Sudah Siap Antisipasi Pemudik

Wisata Diperketat

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono bakal mengawasi ketat tempat-tempat wisata selama pemberlakuan peniadaan mudik sebagaimana surat edaran (SE) dari Satgas Covid-19.

Pengawasan dilakukan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan meski berwisata.

Halaman
12
Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved