Breaking News:

Penanganan Covid

Menkes Targetkan 1 Juta Dosis Vaksin Covid-19 Per Hari Mulai Juni 

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan stok vaksin Covid-19 akan meningkat dalam waktu dekat.

setkab.go.id
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Terbatas (Ratas) penanganan pandemi Covid-19, Senin (26/4/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan stok vaksin Covid-19 akan meningkat dalam waktu dekat.

Ia menargetkan, capaian satu juta dosis vaksin per hari dapat terealisasi pada Juni ini.

"Pesan saya ke seluruh aparat di daerah, kita mulai genjot lagi karena stok vaksinnya sudah cukup. Kalau bisa kita menyentuh 1 juta per bulan di bulan Juni karena kapasitas vaksin kita sekarang sudah cukup," ucapnya dalam keterangan persnya virtual seperti dikutip dari youtube Sekretariat Presiden, Senin (10/5/2021).

Mantan wakil menteri BUMN ini meminta seluruh daerah bersiap untuk kembali mengintensifkan jalannya program vaksinasi massal bagi warganya.

Baca juga: Karyawannya Meninggal Usai Vaksin Covid-19, Pegadaian Tunggu Hasil Investigasi

Baca juga: Stok Memadai, Menkes Minta Pemda Genjot Vaksinasi Covid-19 Setelah Lebaran

Baca juga: 3,6 Juta Orang Diprediksi Balik ke Jakarta pada Ahad Depan, Menhub Usulkan Vaksin Gratis

Untuk diketahui, pada 26 Maret lalu jumlah vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Indonesia telah mencapai 10 juta vaksinasi.

Kemudian pada 30 April, vaksinasi yang telah dilakukan telah menembus angka 20 juta.

Pemberian vaksin kepada sejumlah pelaku usaha perdagangan di Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (3/5/2021). Sebanyak 500 pelaku usaha yang terdiri dari karyawan, pemilik toko, dan petugas keamanan, mengikuti vaksinasi tersebut. Vaksinasi untuk pelaku usaha tersebut dinilai akan meningkatkan keyakinan publik berbelanja sehingga mampu memulihkan perekonomian. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN
Pemberian vaksin kepada sejumlah pelaku usaha perdagangan di Grand Indonesia, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (3/5/2021). Sebanyak 500 pelaku usaha yang terdiri dari karyawan, pemilik toko, dan petugas keamanan, mengikuti vaksinasi tersebut. Vaksinasi untuk pelaku usaha tersebut dinilai akan meningkatkan keyakinan publik berbelanja sehingga mampu memulihkan perekonomian. WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN (WARTA KOTA/WARTA KOTA/HENRY LOPULALAN)

Vaksinasi yang dilakukan sepanjang April lalu diakui Budi sedikit mengalami penurunan akibat ketersediaan stok vaksin yang terbatas. Namun, saat ini, stok vaksin tersebut dipastikan kembali meningkat seiring dengan kedatangan vaksin ke Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Lebih lanjut, terdapat tiga provinsi dengan laju vaksinasi bagi lansia sangat baik.

Ketiganya ialah Provinsi DKI Jakarta, Bali, dan Yogyakarta.

Pemerintah akan memberikan alokasi vaksin tambahan bagi ketiga provinsi tersebut agar segera menyelesaikan tahapan vaksinasi lansia untuk dapat berlanjut ke tahap masyarakat umum.

"Saya ucapkan terima kasih ke tiga provinsi yang sudah tinggi suntikan lansianya sehingga mereka secara bertahap terbuka untuk suntikan golongan masyarakat pada umumnya. Mudah-mudahan ini menjadi motivasi untuk provinsi-provinsi lain untuk menyelesaikan suntikan bagi lansia," ujar Budi.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved