Breaking News:

Cek Penerima BLT Dana Desa Rp 300 Ribu via sid.kemendesa.go.id, Telah Disalurkan Rp 2,3 Triliun

Telah tersalur sebesar Rp 2,3 triliun kepada 3,6 juta KPM dari target 8 juta KPM, ini cara cek penerima BLT Dana Desa senilai Rp 300 ribu.

KOMPAS.com/NURWAHIDAH
Ilustrasi uang - Simak cara cek penerima BLT Dana Desa senilai Rp 300 ribu melalui sid.kemendesa.go.id. BLT Dana Desa telah tersalur sebesar Rp 2,3 triliun kepada 3,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari target 8 juta KPM. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini cara cek penerima BLT Dana Desa senilai Rp 300 ribu melalui sid.kemendesa.go.id.

Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT Dana Desa) merupakan bantuan keuangan yang disalurkan pemerintah kepada masyarakat miskin dan rentan yang kesulitan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari terutama akibat wabah Covid-19.

Masyarakat miskin dan rentan yang belum menerima bantuan dari skema jaminan kesejahteraan sosial lain seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Kartu Prakerja berhak menerima bantuan ini.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 222/PMK.07/2020, BLT Dana Desa berupa uang tunai senilai Rp 300 ribu untuk per keluarga penerima manfaat.

Baca juga: 6 Bantuan yang Cair Mei 2021 dan Cara Cek Penerimanya: BLT Rp 300 Ribu, BPNT, hingga BLT UMKM

Baca juga: CEK Penerima Bantuan BPNT dan PKH, Akses Laman Resmi cekbansos.kemensos.go.id

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengatakan, BLT Dana Desa telah tersalur sebesar Rp 2,3 triliun kepada 3,6 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari target 8 juta KPM.

Bagi kabupaten yang belum mencairkan BLT Dana Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) diharapkan ikut mendorong agar pencairan bantuan tersebut dapat segera direalisasikan.

"Jadi sekali lagi, dana sudah dimanfaatkan sebelum Lebaran atau paling tidak pada saat suasana Lebaran," ujarnya, dikutip dari laman Kemenkopmk.go.id, Selasa (11/5/2021).

"Ini bagaimana supaya disosialisasikan dan dananya memang betul-betul masuk di dalam kartu mereka," tambahnya.

Laman sid.kemendesa.go.id
Laman sid.kemendesa.go.id (tangkap layar sid.kemendesa.go.id)

Cara Cek Penerima BLT Dana Desa

Untuk mengetahui apakah Anda termasuk dalam penerima BLT Dana Desa, dapat dicek secara online melalui sid.kemendesa.go.id.

Halaman
123
Penulis: Lanny Latifah
Editor: Arif Tio Buqi Abdulah
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved