Breaking News:

Ramadan 2021

Kemenag: Amil Harus Salurkan Zakat Sebelum Hari Raya Idul Fitri

Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Tarmizi Tohor mengimbau umat Islam untuk segera membayar zakat fitrah.

TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
lustrasi warga membayar zakat fitrah. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama, Tarmizi Tohor mengimbau umat Islam untuk segera membayar zakat fitrah.

Menurutnya, zakat fitrah di masa pandemi seperti saat ini sangat membantu masyarakat miskin yang mengalami kesulitan ekonomi.

“Segera tunaikan zakat fitrah dengan ketentuan yang telah ditetapkan dan amil sebelum hari raya sudah harus menyalurkan kepada mustahik,” kata Tarmizi melalui keterangan tertulis, Rabu (12/5/2021).

Selain itu, Direktur mendorong Penyuluh Agama Islam (PAI) untuk aktif menyosialisasikan kepada masyarakat Surat Edaran (SE) Menteri Agama (Menag) No. 7 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 H di saat pandemi Covid-19.

Tarmizi menyatakan SE Menag No. 7 Tahun 2021 diterbitkan dalam rangka memberikan rasa aman kepada umat Islam dalam melaksanakan Salat Idulfitri dan membantu negara dalam pencegahan penyebaran Covid-19. 

Baca juga: Bagaimana Hukum Lupa Bayar Zakat Fitrah sebelum Idul Fitri? Ini Penjelasan dan Niat Zakat Fitrah

"Edaran tersebut mengatur kegiatan malam takbiran dan salat Idulfitri yang diselenggarakan di masjid dan lapangan terbuka," tutur Tarmizi.

Seperti diketahui, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas telah menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 H/2021 M.

Panduan ini melingkupi berbagai kegiatan ibadah yang disyariatkan dalam bulan Ramadan dan dilakukan bersama-sama atau melibatkan banyak orang.
 

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved