Breaking News:

Ramadan 2021

Pesan-pesan Ustaz Wijayanto di Tabligh Akbar Virtual Pegadaian: Jauhi Sifat Hasad dan Dengki

Nabi Muhammad mengaitkan surga dengan ilmu. Siapa saja yang melonggarkan waktunya untuk majelis ilmu, dia sedang merintis jalan menuju surga

IST
Ustaz Wijayanto saat memberi tausiah di Tabligh Akbar Virtual. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ustadz WIjayanto tampil memberikan tausiah Ramadhan di acara Tabligh Akbar Virtual yang diselenggarakan Pegadaian melalui aplikasi Zoom, baru-baru ini.

Dalam tausiahnya bertema "Meraih Amal Tertinggi di Bulan Ramadhan," Ustadz Wijayanto mengingatkan agar menjauhi sifat dengki dan hasad. Dalam istilah kekinian, sifat buruk hati ini dikenal dengan istilah SMS (senang melihat orang lain susah, susah melihat orang lain senang).

"Hati-hati kalau punya penyakit hasad, karena hasad itu akan memakan seluruh kebaikan kita, termasuk jika di hati kita ada rasa iri. Hat- hati dengan sifat SMS, senang melihat orang lain susah," ungkap Ustadz Wijayanto.

Dia menambahkan, Allah SWT sudah memberikan peringatan tentang bahayanya penyakit hati tersebut melalui surat Ali Imran ayat 120.

Berikut terjemahannya:

Jika kamu memperoleh kebaikan, (niscaya) mereka bersedih hati, tetapi jika kamu tertimpa bencana, mereka bergembira karenanya. Jika kamu bersabar dan bertakwa, tipu daya mereka tidak akan menyusahkan kamu sedikit pun. Sungguh, Allah Maha Meliputi segala apa yang mereka kerjakan.

Baca juga: Kenangan Ahmad Dhani dengan Almarhum Ustaz Tengku Zulkarnain, Sempat Dijenguk saat di Cipinang

Ustadz Wijayanto menjelaskan, sifat hasad sudah ada pada diri manusia sejak Adam diturunkan ke dunia.

"Pembunuhan pertama antar manusia terjadi karena sifat hasad terjadi pada Habil dan Qabil (anak Adam). Jadi, ada orang yang senang jika melihat orang lain kesusahan, maka hati-hati dengan orang yang punya penyakit hasad," ungkapnya.

Baca juga: Suasana Haru Warnai Salat Jenazah Ustaz Tengku Zulkarnain

Dia menekankan, setiap muslim dianjurkan selalu membangun silaturahim.

"Membangun silaturahim merupakan jalan surgawi, orang yang memiliki karakter introvert dan nggak pernah bergaul, gampang mengalami sumpek di hati," ungkapnya.

Halaman
12
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved