Breaking News:

Arus Balik Mudik Lebaran

Arus Balik Lebaran, Polri Perkirakan Masih Ada 400 Ribu Pemudik dari Sumatera Menuju Jawa

Kepolisian RI memperkirakan akan terjadi pergerakan arus balik 400 ribu pemudik dari Sumatera menuju Jawa.

Tribunnews/Jeprima
Petugas mendata sejumlah pemudik yang baru saja tiba di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Jakarta Timur, Selasa, (18/5/2021). Pantauan Tribunnews di lapangan, terdapat empat penumpang yang terindikasi terpapar Covid-19 berdasar uji rapid test antigen. Berdasarkan data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, kasus aktif di Jakarta bergerak fluktuatif selama dua pekan terakhir. Pada tanggal 3 Mei 2021 ada peningkatan kasus aktif dari 7.039 menjadi 7.266 pada 15 Mei 2021. Pencatatan itu mengalami penurunan menjadi 7.146 pada 16 Mei 2021. Tribunnews/Jeprima 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepolisian RI memperkirakan akan terjadi pergerakan arus balik 400 ribu pemudik dari Sumatera menuju Jawa.

Pergerakan ini menjadi perhatian khusus karena berpotensi menjadi klaster penyebaran Covid-19.

"Sekarang kira-kira yang belum menyebrang masih ratusan ribu. Data dari Menhub kurang lebih 400 ribu," kata Asops Kapolri Inspektur Jenderal Polisi Imam Sugianto kepada wartawan, Rabu (19/5/2021).

Dijelaskan Imam, pengawasan pergerakan arus balik tak hanya dilakukan di titik arteri ataupun transportasi di pulau Jawa. Namun, penyekatan dimulai sejak di sejumlah titik di Sumatera.

Menurutnya, hal itu demi memastikan para pemudik memiliki surat bebas Covid-19 sebelum kembali memasuki Jakarta ataupun Jawa.

Baca juga: Polisi Tempel Stiker ke Kendaraan Jika Pemudik Sudah Dinyatakan Bebas Covid-19

"Polda Lampung terpantau dari Sumatera Selatan ada beberapa yang diputar balik. Jadi kita pecah konsentrasi di wilayah Lampung ini betul-betul. Kemudian sudah selesai yang di sana kita alirkan kesini," jelas dia.

Atas dasar itu, Imam meminta para pemudik untuk kooperatif membawa surat bebas Covid-19. Hal itu bertujuan untuk menekan penyebaran Covid-19 pasca mudik lebaran 2021.

"Mohon ayo kita kerjasama khususnya masyarakat yang akan kembali arus balik untuk mematuhi semua imbauan masyarakat ini sehingga kita semua bisa menekan angka penyebaran Covid," tukasnya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved