Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksinolog Ini Nilai Manfaat Vaksin AstraZeneca Lebih Besar daripada Risikonya

Vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 dihentikan sementara penggunaan dan distribusinya. Sedangkan 39 batch lainnya tetap didistribusikan dan digunakan.

Tribunnews/Herudin
Tenaga kesehatan menyiapkan Vaksin Covid-19 AstraZeneca untuk disuntikkan kepada warga di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Pinang Ranti 02 Pagi, Kecamatan Makasar, Jakarta Timur, Kamis (20/5/2021). Vaksinasi tahap ketiga sudah dimulai di Jakarta menyasar 445 RW kumuh sesuai Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 90 Tahun 2018 tentang Peningkatan Kualitas Permukiman Dalam Rangka Penataan Kawasan Permukiman Terpadu dan Instruksi Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Persiapan Penyelenggaraan Vaksinasi Covid-19. Tribunnews/Herudin 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Vaksin AstraZeneca batch CTMAV547 dihentikan sementara penggunaan dan distribusinya.

Sedangkan untuk 39 batch lainnya masih tetap didistribusikan dan digunakan.

Vaksinolog dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc., Sp.PD, menjelaskan vaksin AstraZeneca secara umum merupakan vaksin yang aman dan efektif.

Vaksin AstraZeneca bersama Sinovac dan Shinoparm sebelumnya sudah mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM).

"EUA ini merupakan kajian akademis yang bisa dipertanggungjawabkan. Vaksin apapun yang telah mendapatkan EUA dari Badan POM bisa dipastikan keamanan dan efektivitasnya,” tegas dr. Dirga di Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Baca juga: Pemerintah Jepang Setujui Penggunaan Vaksin Moderna dan AstraZeneca

Untuk diketahui vaksin AstraZeneca merupakan vaksin yang paling banyak digunakan di dunia.

"Penggunaan vaksin AstraZeneca yang sudah disuntikan hingga saat ini mencapai puluhan juta dosis,” ungkap dr. Dirga.

Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin AstraZeneca pada 20 Maret 2021 di Ede, tempat kampanye vaksinasi melawan Covid-19
Seorang petugas kesehatan menyiapkan dosis vaksin AstraZeneca pada 20 Maret 2021 di Ede, tempat kampanye vaksinasi melawan Covid-19 (Piroschka van de Wouw / ANP / AFP)

Dirga menekankan, vaksin yang sudah diberikan izin penggunaan secara luas, masih terus diawasi penggunaanya.

Proses ini merupakan proses berkelanjutan yang mengedepankan prinsip kehati-hatian agar vaksin yang digunakan senantiasa aman di masyarakat.

Halaman
12
Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved