Breaking News:

PMI Kirim Bantuan untuk 81 Pengungsi Etnis Rohingya yang Terdampar di Aceh Timur

Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan bantuan untuk membantu 81 pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di wilayah Kec. Simpang Ulim, Aceh Timur

Serambinews.com
Wanita etnis Rohingnya tertidur lelap usai terdampar di pantai Ujong Blang, Lhokseumawe. Kini Mereka telah direlokasi ke BLK, Kandang, Lhokseumawe, Senin (7/9/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Palang Merah Indonesia (PMI) mengirimkan bantuan untuk membantu 81 pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di wilayah Kec. Simpang Ulim, Kab. Aceh Timur, Provinsi Aceh pada Jumat (4/6/2021).

Bantuan tersebut berupa Selimut sebanyak 100 buah, Masker Kain 1000 buah, Pakaian 200 buah serta Baju Hazmat sebanyak 50 buah dan Sarung Tangan sebanyak 100 buah.

Fauzi Husaini, Kepala Unit Pelayanan PMI Provinsi Aceh mengatakan bantuan ini dikirimkan melalui Bandara Halim Perdanakusuma, yang nantinya akan diteruskan langsung ke Aceh timur.

Baca juga: Walikota Banda Aceh Sulap Peunayong Jadi Pusat Kuliner

Baca juga: Menperin Berharap Pameran ii-Motion Bisa Tingkatkan PMI Manufaktur RI

“Ini sebagai respon awal kami mengerahkan Relawan serta bantuan berupa Kelambu, Terpal dan Sarung untuk membantu pengungsi etnis Rohingya yang terdampar di wilayah Aceh Timur,” kata Fauzi dalam keterangannya, Minggu (6/6/2021).

PMI Provinsi Aceh dan PMI Kab. Aceh Timur sebelumnya juga telah mengirimkan bantuan berupa Kelambu, Terpal, Selimut dan kain sarung serta sejumlah relawan untuk melakukan asesmen awal.

Aksi Penyelamatan Pengungsi Rohingnya oleh Nelayan Aceh
Aksi Penyelamatan Pengungsi Rohingnya oleh Nelayan Aceh (Kompascom Reporter on Location)

Fauzi menambahkan pihaknya selanjutnya akan berkoordinasi dengan pihak pemerintah Daerah Kab. Aceh timur untuk respon lebih lanjut.

Menurut data dari BPBD Kab. Aceh Timur, sebanyak 81 pengungsi yang terdiri dari; Laki laki 22 Jiwa, Wanita 59 jiwa, Anak Anak 11 Jiwa.

"Semuanya dalam kondisi yang baik, di lokasi pengungsian juga telah didirikan 2 buah tenda sebagai tempat pengungsian sementara,” tambahnya.

Sebelumnya kedatangan 81 pengungsi, pada 7 September 2020 lalu sebanyak 297 imigran Rohingya ditemukan terdampar di pantai Ujong Blang kawasan Kota Lhokseumawe.

Ini menambah jumlah pengungsi dari etnis Rohingya yang datang ke Aceh.

Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved