Breaking News:

Haji 2021

Kisah Damar dan Nana Gagal Berangkat Haji, Bertahun-tahun Kumpulkan Tabungan dari Jualan Sapu Lidi

Keduanya kini sedih karena gagal berangkat haji tahun ini padahal sudah bertahun-tahun menabung mengumpulkan biaya haji dari berjualan sapu lidi.

Tangkap layar YouTube Kompas TV
Pasangan suami istri lanjut usia (lansia) di Palembang, Sumatera Selatan, bernama Lutfi Muhammad dan istrinya, Afroida Irianis kembali gagal berangkat haji untuk kedua kalinya tahun 2021 ini. Lutfi Muhammad dan istrinya mengaku ikhlas meski batal berangkat Haji 2021. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWS.COM, BOGOR - Banyak cerita masyarakat yang sudah meniatkan diri berangkat menunaikan rukun Islam kelima, berangkat haji ke Tanah Suci namun gagal karena pandemi.

Yang terbaru adalah kisah pasangan suami-istri Damar Rahayu (51) dan Nana (49),  warga Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Keduanya kini sedih karena gagal berangkat haji tahun ini padahal mereka sudah bertahun-tahun menabung mengumpulkan biaya haji dari berjualan sapu lidi.

Warga Kampung Bojong Sompok, RT 7/5, Desa Tegal, Kecamatan Kemang, tersebut sudah bertahun-tahun menanti untuk bisa menunaikan ibadah haji.

Namun, imbas pandemi Covid-19 sudah dua musim haji, Indonesia tidak membarangkatkan calon jemaah ke Tanah Suci seiring dengan adanya kebijakan dari pemerintah Arab Saudi yang menggelar ibadah haji terbatas.

Diketahui, pasangan suami istri tersebut mendaftar menjadi calon jemaah haji sejak tahun 2013.

Baca juga: Kuota Haji 60.000 Hanya untuk Jemaah Domestik Arab Saudi dan Para Ekspatriat

Damar mengatakan, pembatalan haji sudah sejak 2 tahun berimbas pada dirinya yang akan mundur lagi pemberangkatan hajinya.

Kisah gagal naik haji1
Pasangan suami-istri Damar Rahayu (51) dan Nana (49),  warga Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sedih karena gagal berangkat haji tahun ini padahal mereka sudah bertahun-tahun menabung mengumpulkan biaya haji dari berjualan sapu lidi.

"Saya nanya ke yayasan di mana saya mendaftar di Cibinong, itu infonya kalau tidak 2022 tahun 2021 ini saya berangkat katanya, tapi mendengar kabar ini dari berita bahwa tidak ada yang berangkat saya sama istri merasa sedih," ujarnya, Sabtu (12/6/2021).

Baca juga: Arab Saudi Putuskan Haji 2021 Khusus Domestik, Menag: Kita Fokus Persiapan Tahun Depan

Lebih lanjut, Damar sudah meniatkan dirinya untuk pergi haji bersama istrinya setelah awal berumah tangga pada tahun 1990-an.

Halaman
1234
Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved