Breaking News:

Banyuwangi Bisa Jadi Kota yang Paling Siap Hadapi Perubahan Iklim

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur berpeluang menjadi daerah yang memiliki strategi dan penanganan lingkungan berlevel mumpuni

(TRIBUNJATIM.COM/NUR IKA ANISA)
Ilustrasi: Susana berkemah di Bukit Sewu Sambang, Banyuwangi. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Malvyandie

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur berpeluang menjadi daerah yang memiliki strategi dan penanganan lingkungan berlevel mumpuni alias A (nilai) yang dikeluarkan Carbon Disclosure Project (CDP).

Jika masuk dalam A-list, Banyuwangi akan sejajar dengan kota-kota besar seperti Berlin (Jerman), Copenhagen (Denmark), Stockholm (Swedia), dan 85 kota lainnya di seluruh dunia.

Demikian disampaikan Founder Badan Global Karbon (BGK), Achmad Deni Daruri dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Diterangkan, nilai A bermakna kota atau daerah yang bersangkutan, memiliki strategi dan penanganan lingkungan dengan leadership level.

"Kota atau kabupaten yang termasuk dalam A-list, memiliki tingkat kemajuan yang tinggi, melangkah dengan menetapkan target, serta mampu beradaptasi dengan dampak perubahan iklim," kata Achmad Deni.

Baca juga: Kemenaker: Pariwisata Jadi Kejuruan Andalan BLK Banyuwangi

Dikatakan Deni, pada 8 Desember 2020, CDP mengapresiasi pengungkapan dan kinerja Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), terkait perubahan iklim dengan skor C dalam pengisian kuisioner cities 2020.

Dengan skor C berarti Pemkab Banyuwangi berada pada level awareness terkait perubahan iklim.

"Skor C atau mitigasi ini, setara dengan skor rata-rata kota di Asia Tenggara dan dunia," ujarnya.

Seperti diketahui, CDP merupakan organisasi independen dengan tingkat kredibilitas tinggi yang memegang koleksi data global terbesar mengenai perubahan iklim, hutan, dan air perusahaan dan wilayah serta menjadi jantung keputusan bisnis, investasi, serta kebijakan bisnis.

Baca juga: Kisah Pasutri di Banyuwangi Beli Motor Pakai Uang Koin Seberat 43 Kilogram, Dikumpulkan Sejak 2018

Halaman
12
Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved