Breaking News:

1.811 UMK Ikut Bimbingan Teknis Sertifikasi Halal MUI Dalam Sebulan

1.811 pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia turut serta dalam program bimbingan teknis (Bimtek) sertifikasi halal

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
KEFAI JUMAT BERKAH - Dalam rangka menggalakkan semangat berbagi sekaligus mempromosikan potensi UMKM, jajaran Kelurahan dan UMKM Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, menggelar kegiatan Kefai Jumat Berkah, Jumat (10/6/2021). Kegiatan ini mendapat sambutan baik di masyarakat dengan banyaknya peminat yang datang, mereka yang datang ke sini bisa makan sepuasnya dan bayar seikhlasnya. WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 1.811 pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) yang tersebar di 34 Provinsi Indonesia turut serta dalam program bimbingan teknis (Bimtek) sertifikasi halal di Festival Syawal LPPOM MUI 1442 H.

Direktur Eksekutif LPPOM MUI, Muti Arintawati mengatakan UMK tidak boleh dipandang sebelah mata, karena terbukti banyak yang mampu bertahan ditengah krisis akibat pandemi.

Daya saing UMK perlu ditingkatkan, salah satunya dengan diberikannya sertifikasi halal agar dapat diterima konsumen muslim.

"Agar jadi bukti dan jaminan produk yang dikonsumsi halal dan toyib," kata Muti di Closing Ceremony Festival Halal, Selasa (22/6/2021). 

UMK memiliki peran besar dalam perkembangan ekonomi di Indonesia.

Data dari Kementerian Koperasi dan UMK, jumlah UMK di Indonesia 64,1 juta.

Upaya memperkuat daya saing UMK, salah satunya dengan sertifikasi halal yang diharapkan menjadi nilai tambah pada produk UMK.

Sehingga potensi pemasaran produk jadi lebih luas hingga di kancah global.

Baca juga: Bebas Biaya, Wapres Maruf Imbau Pelaku UMK Segera Urus Sertifikasi Halal

Muti mengatakan berdasarkan pengalaman LPPOM MUI, pada umumnya kesulitan dalam mengeluarkan sertifikasi halal karena kurangnya pengetahuan peserta dalam memahami persyaratan.

Hal itu dikarenakan terbatasnya informas terkait barang-barang halal, serta sulitnya peserta memperoleh daging dan turunannya yang telah memperoleh sertifikat halal di pasaran.

Halaman
12
Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved