Kunjungan Menlu Rusia Bahas Rencana Kunjungan Presiden Putin ke Indonesia

Kunjungan Menlu Rusia dalam rangka penguatan sejumlah kerja sama bilateral RI - Rusia terkait kesehatan, ekonomi,  investasi, pertahanan hingga kerja

TASS News Agency/via Kyodo
Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi menerima kunjungan Menlu Rusia Sergey Lavrov di Jakarta pada Selasa (6/7/2021).

Kunjungan Menlu Rusia dalam rangka penguatan sejumlah kerja sama bilateral RI - Rusia terkait kesehatan, ekonomi,  investasi, pertahanan hingga kerja sama pendidikan.

Kedua Menlu juga membahas rencana kunjungan Presiden Rusia Vladimir Putin ke Indonesia, yang waktunya belum bisa dipastikan.

"Diskusi kami terbuka dan produktif. Kami terus membahas persiapan rencana Presiden Putin berkunjung ke Indonesia, sambil menunggu waktu yang tepat untuk melakukan kunjungan," kata Menlu Retno pada konferensi pers hari Selasa (6/7/2021).

Jelang rencana kunjungan tersebut, kedua Menlu memperkuat hubungan kedua negara lewat penandatanganan perjanjian kerja sama.

Perjanjian tersebut tertuang dalam Rencana Konsultasi antara dua Kementerian Luar Negeri Indonesia dan Rusia untuk periode 2021-2023.

Selanjutnya, pada pertemuan kedua pemimpin negara nantinya dapat dilakukan kerja sama Perjanjian Kemitraan Strategis antara Indonesia dan Rusia.

Baca juga: Menlu Retno Minta Akses Masuk bagi Ratusan Pelajar Indonesia ke Rusia 

Perjanjian tersebut diharapkan akan menciptakan landasan baru dan kuat untuk mengangkat keduanya hubungan negara.

"Kami berharap selama kunjungan Presiden Putin kedua negara dapat menandatangani Perjanjian Kemitraan Strategis antara Indonesia dan Rusia," kata Menlu.

Kunjungan terakhir Menteri Sergey ke Jakarta pada tahun 2017.

Kunjungannya kali ini merupakan bagian dari rangkaian kunjungan Lavrov ke negara-negara di kawasan.

Menlu Retno berujar sore ini Menteri Lavrov dan dirinya akan menjadi ketua bersama Pertemuan Khusus Menteri Luar Negeri ASEAN-Rusia.

Disebutkan bahwa Indonesia saat ini menjadi koordinator kemitraan ASEAN-Rusia.

Pertemuan ini diadakan dalam rangka memperingati HUT ke-25 Kemitraan ASEAN-Rusia.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved