Breaking News:

Virus Corona

Imbauan Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jelang Idul Adha

Imbauan itu disampaikan guna mematahkan laju penyebaran Covid-19, khususnya saat Idul Adha 2021.

Istimewa
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Kamis (15/4/2021) yang disiarkan kanal YouTube BNPB Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Alivio

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Koordinator Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyampaikan imbauan jelang Idul Adha.

Hal ini diungkapkan Wiku saat menjadi pembicara di webminar bertajuk 'Relawan Berperan: Menegakkan Protokol Ibadah Idul Adha di Era Pandemi,' Minggu (18/7/2021).

Mengutip surat edaran dari Kementrian Agama, Wiku berharap masyarakat dapat mematuhi kebijakan pemerintah, guna mematahkan laju penyebaran Covid-19, khususnya saat Idul Adha 2021.

"Nah kaitannya dalam peribadatan malam takbiran, salat idul adha di wilayah PPKM kita memastikan ibadah sholat Idul Adhanya di tiadakan, kemudian tradisi takbiran, halal bihalal ditiadakan sesuai surat edaran menteri agama," ucap Wiku.

"Jadi dipastikan semua pelaksanaan qurban juga begitu, untuk menghindari kerumunan dibagi waktunya," imbuhnya kembali.

Selain menerapkan protokol kesehatan, Wiku menghimbau kepada panitia qurban nantinya adalah anak muda yang bugar fisiknya, dan sangat bahaya bagi lansia di tengah kondisi saat ini.

Baca juga: SYARAT Bagi Seorang Muslim yang Ingin Berkurban, Ini Hewan yang Boleh Digunakan untuk Kurban

"Lalu protokol kesehatan pemotongan pada hewan dan kemudian lansia jangan ikut-ikut acara seperti ini, sangat berbahaya, biarkan mereka-mereka yang muda yang jadi petugas," kata Wiku.

"Dan pastikan ketika balik ke rumah sudah membersihkan diri, supaya tidak menulari orang yang di rumah yang usianya relatif sudah lanjut," tambahnya.

Tak hanya lansia, anak-anak pun diharapkan tidak menonton pemotongan qurban, meskipun itu sudah menjadi tradisi di Indonesia sejak dahulu.

Baca juga: Cegah Penularan, Satgas Covid-19 Larang Lansia dan Anak Datang ke Lokasi Pemotongan Hewan Kurban

Halaman
12
Penulis: Mohammad Alivio Mubarak Junior
Editor: Willem Jonata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved