Breaking News:

Penanganan Covid

Kepala Desa di Cilacap Minta Vaksin Covid-19 Saat Bertemu Ganjar Pranowo

Para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Cilacap meminta vaksin Covid-19 saat bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, saat melakukan pertemuan dengan para kepala desa di Kabupaten Cilacap, Kamis (22/7/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, CILACAP - Para Kepala Desa (Kades) di Kabupaten Cilacap meminta vaksin Covid-19 saat bertemu Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di pendopo Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis(22/7/2021).

Rembug Desa yang diikuti 227 lurah dan kepala desa se-Kabupaten Cilacap tersebut merupakan edisi ketiga.

Sebelumnya acara serupa dilakukan di Banjarnegara dan Rembang.

"Kami minta bantuan vaksin pak. Ada banyak warga kami yang ingin kerja ke luar negeri. Syaratnya harus divaksin. Kami sudah menghubungi Puskesmas tapi belum ada jawaban. Kami mohon agar ini dibantu pak," kata Kepala Desa Karangturi, Kabupaten Cilacap, Misar.

Usai mendengar permintaan tersebut, Ganjar langsung memerintahkan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Pemprov Jawa Tengah Yulianto dan Dinas Kesehatan Cilacap menindaklanjutinya.

"Tolong pak Yuli (Kadinkes) dicatat dan segera ditindaklanjuti ya, itu dibantu warganya apakah vaksin dan tenaga kesehatan," kata Ganjar.

Baca juga: PPKM Darurat akan Diperpanjang? Ganjar Mengaku Tak Tega: Harus Dengar Suara Warga, Terlalu Berat

Selain soal vaksin, rata-rata kepala desa melaporkan sulitnya memupuk kesadaran warga untuk mematuhi protokol kesehatan saat pandemi Covid-19.

"Rata-rata warga merasa jenuh. Ada juga yang beralasan karena aktivitasnya di sawah jadi merasa bebas tidak pakai masker," kata Kepala Desa Padangsari, Kabupaten Cilacap, Mahruri.

Hal senada disampaikan Kepala Desa Karangtengah, Kabupaten Cilacap, Suhartono dan Kepala Desa Pesawahan, Wasito.

Meski sudah sering melakukan edukasi dan sosialisasi, masih ada sekira 50 persen warganya tidak taat protokol kesehatan (prokes).

Halaman
12
Editor: Adi Suhendi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved