Breaking News:

Aplikasi Ini Ajak Milenial Lebih Peduli Lingkungan

Setiap tahunnya Indonesia menghasilkan 6,8 juta ton sampah plastik dan 9 persennya atau sekitar 620 ribu ton masuk ke sungai, danau dan laut

Shutterstock
Ilustrasi sampah plastik 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia diperkirakan menghasilkan 85.000 ton sampah per harinya dengan perkiraan kenaikan jumlah mencapai 150.000 ton per hari pada tahun 2025.

Jumlah ini didominasi oleh sampah yang berasal dari rumah tangga, yang berkisar antara 60 persen hingga 75 persen.

Indonesia National Plastic Action Partnership yang dirilis bulan April lalu mencatat, setiap tahunnya Indonesia menghasilkan 6,8 juta ton sampah plastik dan 9 persennya atau sekitar 620 ribu ton masuk ke sungai, danau dan laut.

Untuk itu, pemerintah Indonesia telah menetapkan target strategis untuk mengurangi jumlah sampah yang masuk ke lautan sebesar 70 persen di tahun 2025.

Melihat pengelolaan sampah di tanah air yang masih rendah, Ceo sekaligus Co-founder Octopus Moehammad Ichsan membuat aplikasi Octopus yang memungkinkan penggunanya menyetorkan kemasan bekas pakai untuk didaur ulang.

Pengguna, dengan target utama anak muda yang sudah peduli lingkungan, akan mendapat imbalan seperti voucher potongan harga saat membeli kopi-kopi kekinian.

Baca juga: Ajak Anak untuk Menjaga Lingkungan Sejak Dini dengan Memilah Sampah

“Aplikasi pengumpulan kemasan bekas pakai, berkembang pesat seiring makin tingginya kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, terutama memberdayagunakan produksi sampah secara sistematis,” ujar Moehammad Ichsan saat webinar Solusi Inovatif dan Public Private Partnership dalam Implementasi Ekonomi Sirkular, beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, Ichsan mengatakan sat ini Octopus memiliki 3 mobile apps, yaitu untuk pengguna (consumers), pelestari (waste collectors), dan pebisnis produksi sampah (checkpoints).

Ketiga aplikasi ini telah besinergi sangat baik, hingga selama 6 bulan terakhir, Octopus telah berhasil mengumpulkan 9,9 juta produk sampah dari para pengguna.

Halaman
123
Penulis: Sanusi
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved