Breaking News:

Gempa di Sulteng

Fakta-fakta Gempa M 6,3 di Tojo Una-Una, Sudah 8 Kali Terjadi Gempa sejak Tahun 1923

Berikut fakta-fakta soal gempa yang mengguncang abupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, pada Senin (26/7/2021) malam.

BMKG
Wilayah Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi pada Senin malam (26/7), pukul 19.09 WIB dengan kekuatan M 6,5 SR yang kemudian dimutakhirkan menjadi M 6,3 oleh BMKG. 

TRIBUNNEWS.COM - Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono membeberkan fakta-fakta terkait gempa yang mengguncang Kabupaten Tojo Una-una, Sulawesi Tengah, pada Senin (26/7/2021) malam.

Gempa ini terjadi pada hari Senin (26/7) pukul 19.09 WIB dengan Magnitudo update 6,3.

Adapun Episenter terletak pada koordinat 0,77° LS - 121,95° BT tepatnya di laut pada jarak 58 km arah timurlaut Kab. Tojo Una-Una dengan kedalaman hiposenter 10 km. 

Daryono mengatakan gempa ini terjadi akibat adanya gerakan sesar di dasar laut.

"Gempa dangkal ini terjadi akibat adanya aktivitas sesar aktif dengan mekanisme sumber pergerakan turun (normal fault) di dasar laut," ucap Daryono dalam keterangannya kepada Tribunnews, Selasa (27/7/2021).

Wilayah Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi pada Senin malam (26/7), pukul 19.09 WIB dengan kekuatan M 6,5 SR yang kemudian dimutakhirkan menjadi M 6,3 oleh BMKG.
Wilayah Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah diguncang gempa bumi pada Senin malam (26/7), pukul 19.09 WIB dengan kekuatan M 6,5 SR yang kemudian dimutakhirkan menjadi M 6,3 oleh BMKG. (BMKG)

Tak Berpotensi Tsunami

Dari hasil kajian BMKG, gempa ini tak berpotensi tsunami.

Guncangan gempa ini dirasakan di Ampana sangat kuat mencapai skala intensitas V-VI MMI. Sedangkan di Luwuk, Poso, Morowali dirasakan mencapai intensitas V MMI.

Selain itu, guncangan juga dirasakan di Bolaang Mongondow, Kotamobagu, Gorontalo, Buol, Bone Bolango, Pohuwato dengan intensitas III-IV MMI.

Sementara, di Tomohon, Manado, Ratahan, Bobong, Konawe Utara, Kolaka Utara, Masamba dirasakan dalam intensitas II-III MMI, dan di Mamuju Tengah, Polewali dengan skala intensitas II MMI.

Baca juga: Gempa M 6,3 Tojo Una-una, Wilayah Teluk Tomini Sudah 7 Kali Diguncang Gempa Sejak Siang Tadi

Halaman
123
Penulis: Shella Latifa A
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved