Breaking News:

Wamenlu Dukung Usulan Ali Sastroamidjojo Sebagai Pahlawan Nasional

Mahendra Siregar mengatakan Kementerian Luar Negeri mendukung usulan Mantan Perdana Menteri Indonesia Ali Sastroamidjojo sebagai Pahlawan Nasional.

Tangkapan Layar: Kanal Youtube BPPK Kemlu
Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dalam Webinar Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Ali Sastroamidjojo bertajuk "Peran dan Jasa Bapak Ali Sastroamidjojo Dalam Pemerintahan dan Diplomasi Indonesia yang disiarkan di kanal Youtube BPPK Kemlu pada Jumat (30/7/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar mengatakan Kementerian Luar Negeri mendukung usulan Mantan Perdana Menteri Indonesia Ali Sastroamidjojo sebagai Pahlawan Nasional.

Mahendra mengatakan dukungan tersebut didasarkan dari sumbangsih yang telah diberikan oleh Ali baik dalam hal politik luar negeri, diplomasi, dan upaya-upayanya membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Atas dasar itu, sudah selayaknya upaya-upaya tersebut perlu diangkat ke tingkat yang paling tinggi dengan menjadikan Ali sebagai Pahlawan Nasional Republik Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Mahendra dalam Webinar Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional Ali Sastroamidjojo bertajuk "Peran dan Jasa Bapak Ali Sastroamidjojo Dalam Pemerintahan dan Diplomasi Indonesia yang disiarkan di kanal Youtube BPPK Kemlu pada Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Pria Tak Berbusana Diduga WNI Rusak Mobil dan Serang Warga di Kota Oarai Jepang, Ini Kata Kemenlu RI

"Sehingga dalam hal ini tentu kami di Kementerian Luar Negeri merasa mantap," kata Mahendra.

Secara personal, Mahendra yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat ke-19 mengungkapkan lebih mengenal Ali sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat yang pertama.

Ali, kata Mahendra, merupakan tokoh yang membuka kedutaan besae Indonesia di Amerika Serikat pada tahun 1951.

Tidak hanya itu, kata dia, Ali juga pernah menjadi wakil tetap Indonesia pada Perserikatan Bangsa-Bangsa Indonesia di New York.

Menurutnya, perjuangan Ali tidak pernah berhenti dan terus membawa Indonesia ke tempat yang semakin tinggi, luas, dan universal. 

"Dari tingkat yang berangkat cara pandang kedaerahan, nasional, internasional, dan kemudian menjadi global. Karena beliau inilah menjadi salah satu penggagas dan kemudian menjadi ketua dari Konferensi Asia Afrika yang dampaknya, gaungnya, dan manfaat bagi puluhan negara dan bangsa-bangsa di dunia begitu besar," kata Mahendra.

Untuk itu, ia berharap proses pengusulan gelar bagi Ali dapat berlangsung dengan lancar sampai selesai 

"Sekali lagi kami berterima kasih atas seluruh dukungan dan kerja sama sehingga seminar webinar ini dapat berlangsung dengan baik dan berharao seluruh proses pengusulan gelar bagi Bapak Ali Sastroamidjojo dapat berlangsung dengan lancar sampai pada penyelesaiannya," kata Mahendra.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved