Breaking News:

Penanganan Covid

Menteri Kesehatan Terima Bantuan 3.000 Unit Konsentrator Oksigen untuk Pasien Covid-19

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerima bantuan 3.000 unit oxygen concentrator atau konsentrator oksigen dari Tanoto Foundation.

screenshot
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan pers yang dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (30/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerima bantuan 3.000 unit oxygen concentrator atau konsentrator oksigen dari Tanoto Foundation.

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis kepada Kementerian Kesehatan Republik Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten, pada Selasa (3/8/2021).

"Setiap unit oxygen concentrator sangat berarti untuk meringankan beban sistem kesehatan kita," ujar Budi Gunadi melalui keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).

Baca juga: Pesan Menkes ke Pasien yang Isoman di Rumah: Pantau Terus Saturasi Oksigen

Sebelumnya, pada hari Senin, 2 Agustus, sebanyak 1.000 unit pertama diterbangkan langsung dari Guangzhou, Tiongkok, dengan pesawat sewa khusus Garuda Indonesia dan tiba di tanah air menjelang tengah malam.

Sementara 1.000 unit lainnya dijadwalkan tiba di Jakarta pada tanggal 10 Agustus.

"Donasi oxygen concentrator ini memberi kesempatan pada pasien untuk memiliki pasokan oksigen tetap di rumah, dan juga membebaskan sebagian tempat di rumah sakit agar dapat digunakan oleh mereka yang lebih membutuhkan," ucap Budi Gunadi.

Baca juga: AS Beri Bantuan 3,5 Juta Vaksin Moderna, Oksigen, Alkes hingga Obat untuk Indonesia

Di tengah gelombang kedua pandemi Covid-19 di Indonesia, terjadi kekurangan 700 ton oksigen untuk kebutuhan medis per hari, menurut data dari Kementerian Kesehatan.

Total 3.000 unit oxygen concentrator dari Tanoto Foundation akan bermanfaat bagi 6.000 pasien per bulan, atau 18.000 pasien dalam tiga bulan mendatang.

Penggunaan oxygen concentrator ini akan membebaskan alokasi oksigen yang sangat dibutuhkan oleh pasien dengan kondisi yang mengharuskan perawatan intensif di rumah sakit.

"Mewakili pemerintah Indonesia, saya berterima kasih kepada Tanoto Foundation atas respon cepat, tanggap, dan menyeluruh yang memungkinkan kami berjuang melawan pandemi dengan sumber daya lebih baik, serta memberikan harapan untuk setiap penduduk Indonesia yang terdampak pandemi," tutur Budi Gunadi.

Baca juga: Menkes: Kasus Covid Melonjak karena Disiplin Masyarakat Rendah dan Meluasnya Varian Delta

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved