Breaking News:

HUT Kemerdekaan RI

Mahfud MD: Meski Perayaan Kemerdekaan Diselimuti Pandemi, Semangat Nasionalisme Justru Terasah 

Perayaan kemerdekaan RI tahun ini masih diselimuti suasana pilu karena pandemi covid-19, tapi semangat nasionalisme justru semakin terasah.

Penulis: Gita Irawan
Tangkapan Layar: Kanal Youtube Kemenko Polhukam RI
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini masih diselimuti oleh suasana pilu karena pandemi covid-19. 

Meskipun begitu, ia melihat semangat nasionalisme justru semakin terasah.

"Saya melihat semangat nasionalisme atau semangat bela negara dan kegotong royongan serta solidaritas sosial justru semakin terasah di masa sulit ini," kata Mahfud dikutip dari tayangan di kanal Youtube Kemenko Polhukam RI pada Selasa (17/8/2021).

Baca juga: Giliran Warga Bukit Duri Tebet yang Kibarkan Bendera Palestina Jelang HUT RI

Baca juga: Polsek Cileungsi Tangkap Mbah Jambrong di Sukabumi, Mengaku Dukun Sakti Pengganda Uang 

Baca juga: Masih Pandemi Covid-19, Lomba Panjat Pinang dan Gebuk Bantal di Kalimalang Ditiadakan 

Hal tersebut, kata dia, tampak dari bagaimana masyarakat bersatu padu meringankan sesama, tetangga saling membantu tetangganya yang sedang melakukan isolasi mandiri di rumah dan upaya-upaya inisiatif dan kreatif warga lainnya.

Pemerintah sendiri, kata dia, terus berupaya keras siang malam mengatasi pandemi ini dengan berpedoman bahwa keselamatan rakyat adalah hukum yang tertinggi atau salus populi suprema lex esto.

"Saya percaya keuletan pemerintah yang didukung masyarakat akan dapat mengatasi musuh bersama ini serta akan menjadikan bangsa kita semakin kuat dan kokoh. Dirgahayu kemerdekaan Indonesia. Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh," kata Mahfud.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved