Breaking News:

Virus Corona

Menko PMK Temukan Penyaluran Bansos Tidak Merata di Kantong Kemiskinan

Menko PMK temukan masalah penyaluran bansos yang tidak merata saat sidak di Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Grafis Tribunnews.com/Ananda Bayu S
Muhadjir Effendy 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengecek penyaluran bantuan sosial (bansos) di Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, pada Selasa (17/8/2021).

Sidaknya di RT 007/RW 010, Kelurahan Klender, Muhadjir menemukan masalah penyaluran bansos yang tidak merata. 

Dia menemukan banyak warga di wilayah tersebut memerlukan bansos dan sangat layak mendapatkan bantuan sosial, tetapi belum mendapatkan bansos reguler. 

Baca juga: Kemensos Aktivasi Fitur Usul dan Sanggah di Aplikasi Cek Bansos, Ini Tujuannya

Selain itu, ada beberapa warga telah memiliki Kartu Kesejahteraan Keluarga (KKS), sebelumnya mendapatkan bansos reguler seperti PKH dan atau Program Sembako (BPNT).

Tetapi sejak awal tahun mengatakan bantuannya tidak ada lagi. 

Menurut Muhadjir, kasus seperti ini sangat sering ditemukan di daerah lain atau daerah kumuh yang merupakan kantong-kantong kemiskinan.

"Ini hampir terjadi di semua tempat daerah kumuh, bahwa di antara warga tadi ada yang dapat, ada yang tidak, ada yang sudah dapat Kartu Keluarga Sejahtera tapi gak dapat duitnya. Jadi ini masih macam-macam di lapangan," ujar Muhadjir melalui keterangan tertulis, Rabu (18/8/2021).

Baca juga: 76 Tahun Kemerdekaan RI, Menko PMK: Masih Banyak Rakyat Belum Merdeka Secara Substansi

Sebelumnya, Muhadjir pernah mengecek bansos di kampung nelayan Muara Angke, Jakut. 

Muhadjir juga mengecek di wilayah pulau-pulau NTT,  Gresik (Jatim),  Tangerang (Banten), Banjarmasin (Kalsel), Balikpapan (Kaltim), serta Tanjung Pinang (Kepulauan Riau). 

Masalah belum meratanya bansos ini, menurutnya, disebabkan oleh data yang belum sempurna. 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved