Breaking News:

Bursa Capres

Elektabilitas Prabowo Subianto Semakin di Atas Angin, Kalahkan Kandidat Muda Lainnya

Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terus berada di atas angin menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Presiden Joko Widodo berjabat tangan dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto usai mengadakan pertemuan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto terus berada di atas angin menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

Sejumlah hasil jajak pendapat lembaga survei menunjukkan Prabowo sebagai calon presiden (capres) terpotensial. 

Prabowo disebut mengalahkan nama-nama kandidat muda yang menyeruak sebagai capres beberapa waktu belakangan.

Seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

Salah satu lembaga survei, Survey & Polling Indonesia (Spin) menyebut tingkat keterpilihan atau elektabilitas Prabowo Subianto sebagai capres di Pilpres 2024 mencapai 21,9 persen.

"Pak Prabowo juga menempati urutan pertama dengan 21,9 persen, diikuti Anies Baswedan dengan 16,1 persen dan Ganjar Pranowo dengan 15,6 persen," kata Direktur Spin Igor Dirgantara, Rabu (8/9).

Prabowo Subianto, Puan Maharani, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono. Keempat nama tersebut diperkirakan akan masuk bursa Capres-Cawapres di Pilpres 2024.
Prabowo Subianto, Puan Maharani, Anies Baswedan, Agus Harimurti Yudhoyono. Keempat nama tersebut diperkirakan akan masuk bursa Capres-Cawapres di Pilpres 2024. (Kolase Tribunnews.com)

Nama lain mengekor dibelakangnya, yakni AHY dengan 8,7 persen, dilanjutkan Ridwan Kamil dengan 5 persen, serta Sandiaga sebesar 4,9 persen.

Selain itu, Spin merekam tingkat keterkenalan atau popularitas calon presiden. Dalam kategori ini, Prabowo kembali menduduki peringkat teratas dengan popularitas sebesar 89,1 persen.

Baca juga: Kepala Sekolah di Tangerang Masuk 10 Pejabat Terkaya, Jumlah Harta di Bawah Prabowo, Ini Daftarnya

Igor menyebut dominasi Prabowo seolah mengisyaratkan masyarakat masih memberinya kesempatan berlaga di 2024 mendatang.

"Elektabilitas Pak Prabowo paling tinggi, popularitas dan akseptabilitas juga paling tinggi karena dia masih ada di hati masyarakat. Publik kembali memberi kesempatan kepada Pak Prabowo untuk maju lagi," ujar Igor.

Halaman
1234
Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved