Breaking News:

Kebakaran di Lapas Tangerang

Jenazah Korban Kebakaran Lapas Kelas I Tangerang Asal Portugal Bakal Dikremasi di Jakarta

Jenazah Ricardo Ussumane Embalo bin Antonio Embalo (51) yang merupakan korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang asal Portugal akan dikremasi.

Editor: Adi Suhendi
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Direktur Pembinaan Napi Pelatihan Kerja dan Produksi Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Binapi Latkepro Ditjenpas Kemenkumham) Thurman Hutapea, saat jumpa pers di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (10/9/2021). 

Laporan Reporter Tribunnews.com, Rizki Sandi Saputra

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Binapi Latkepro Ditjenpas Kemenkumham, Thurman Hutapea mengatakan, jenazah Ricardo Ussumane Embalo bin Antonio Embalo (51) yang merupakan korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang asal Portugal akan dikremasi.

Thurman mengatakan hal tersebut dilakukan pihaknya berdasarkan permintaan dari pihak keluarga Ricardo melalui Kedutaan Besar dan Konsuler Portugal.

Keputusan ini juga didapat setelah Kemenkumham berkoordinasi dengan Kedutaan Besar terkait.

“Keluarga korban telah meminta proses kremasi dilakukan di Indonesia," kata Thurman saat ditemui awak media di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (14/9/2021).

Hanya saja, Thurman tidak menjelaskan secara detail kapan kremasi jenazah Ricardo dilakukan.

Dirinya hanya meyakinkan, kalau setelah prosesi kremasi itu, abu dari jasad Ricardo akan dikirim kepada keluarganya di Portugal.

Baca juga: 16 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang Belum Teridentifikasi, Polri Targetkan Pekan Ini Rampung

"Iya (abunya) dikirimkan ke Portugal," ucapnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Keamanan dan Ketertiban Ditjenpas Kemenkumham Abdul Aris.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar terkait, soal pelaksanaan prosesi kremasi jenazah Ricardo.

Kata dia juga, terkait dengan penyerahan abu dari jasad jenazah Ricardo hingga saat ini, Ditjenpas masih terus menunggu informasi dari keluarga.

Baca juga: Tim DVI Kembali Berhasil Identifikasi 7 Jenazah Korban Kebakaran Lapas Tangerang, Berikut Daftarnya

"Jadi kami masih melakukan koordinasi dengan Kedutaan Besar Portugal, termasuk nanti terkait permintaan dari keluarga," ucapnya saat dihubungi via telepon.

Seperti diketahui, jenazah Ricardo Ussumane Embalo bin Antonio Embalo (51) merupakan satu dari 41 jenazah korban kebakaran Lapas Kelas I Tangerang yang berhasil teridentifikasi pada, Senin (13/9/2021) kemarin.

Jenazah Ricardo teridentifikasi berdasarkan test DNA dari ayah kandungnya Antonio Embalo dan rekam medis.

Hingga hari ini, total sudah ada 25 jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang yang teridentifikasi dengan 16 di antaranya telah diserahkan kepada pihak keluarga.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved