Pentingnya Kolaborasi Pencegahan dan Penanganan Karhutla

Kominfo menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla.

istimewa
Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Usman Kansong menyampaikan pentingnya sinergi dan kolaborasi dalam upaya pencegahan dan penanganan karhutla.

Itu dikatakan dalam Creative Talks Pojok Literasi dalam rangka memperingati HUT-19 Manggala Agni.
"Salah satu penyebab dari kebakaran hutan dan lahan adalah aktivitas manusia," tutur Usman dikutip, Sabtu (18/9/2021).

Dia mengatakan menjadi tugas bersama melakukan pendekatan dan pendampingan kepada masyarakat sebagai mitra untuk lebih bijak dan berhati-hati menjaga lingkungan dari hal-hal yang dapat menyebabkan kebakaran hutan dan lahan.

"Kami juga apresiasi kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta semua pihak di lapangan, antara lain TNI, POLRI, BPBD, Dinas Kehutanan, Manggala Agni, Perusahaan Pemegang Ijin serta kemitraan dengan Masyarakat Peduli Api untuk menjaga wilayahnya masing-masing agar aman dari karhutla," tambahnya.

Baca juga: Menteri LHK Apresiasi Tinggi Dukungan Polri Cegah Karhutla dengan Luncurkan Aplikasi ASAP

Direktur Informasi Komunikasi Perekonomian dan Maritim Septriana Tangkary menambahkan pihaknya terus melaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait upaya pencegahan karhutla.

"Upaya sosialisasi dan edukasi yang kami lakukan kepada masyarakat, antara lain adalah melakukan kampanye dan publikasi kerja lapangan upaya pengendalian karhutla dan penyuluhan Covid-19 di media online, media sosial, dan media televisi, serta, melakukan SMS Blast peringatan dini karhutla bekerja sama dengan operator seluler," ujarnya.

Sementara Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Laksmi Dhewanthi menjelaskan solusi penanganan karhutla tidak boleh hanya secara spontan.

Pencegahan karhutla juga harus dilakukan secara permanen.

"Tiga solusi permanen dalam upaya penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan adalah solusi dan upaya menanggulangi karhutla, tidak hanya upaya pemadaman ketika karhutla, tapi membangun sistem terpadu," urainya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved