Breaking News:

Seleksi Kepegawaian di KPK

KPK Ungkap Materi TWK Pegawainya Pakai Alat untuk Menyaring Prajurit TNI

Iskandar Marwoto mengungkapkan bahwa materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terhadap pegawainya dalam alih status pegawai KPK ke ASN berbeda dengan ases

Tangkapan Layar: Kanal Youtube Komisi Informasi Pusat
Juru Bicara KPK dalam sidang virtual sengketa informasi terkait TWK Pegawai KPK, Iskandar Marwoto, antara FOINI sebagai pemohon dan BKN serta KPK sebagai termohon yang dinyatakan terbuka untuk umum dan disiarkan secara langsung pada Senin (20/9/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru Bicara Perwakilan KPK, Iskandar Marwoto mengungkapkan bahwa materi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) terhadap pegawainya dalam alih status pegawai KPK ke ASN berbeda dengan asesmen umumnya.

Selain itu Iskandar mengatakan bahwa instrumen TWK yang dipakai terhadap pegawainya dipakai juga oleh TNI untuk melakukan uji kompetensi terkait prajurit-prajurit TNI.

Instrumen tersebut, kata Iskandar digunakan untuk menyaring prajurit-prajurit TNI yang memiliki wawasan kebangsaan dalam kerangka pertahanan negara.

Awalnya, anggota Majelis Komisi Informasi Pusat Romanus Ndau Lendong menanyakan kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi dari BKN, Satya Pratama, selaku perwakilan termohon terkait klasifikasi dari informasi yang diminta oleh pemohon FOINI diwakili oleh Arif Adiputro.

Satya menjawab bahwa informasi tersebut tergolong informasi rahasia.

Romanus kemudian menanyakan lagi kepada Satya terkait dasar yang menyatakan informasi tersebut tergolong rahasia negara terkait dengan pertahanan negara.

Satya kemudian menjelaskan dasar hukum beserta pasal-pasalnya.

Romanus kemudian mencecar lagi mengapa untuk ASN bisa masuk ke persoalan pertahanan.

Satya kemudian memohon waktu kepada Romanus untuk berdiskusi dengan timnya.

Baca juga: Dukung Novel Baswedan Dkk, Sejumlah Pegawai Aktif Dipanggil Inspektorat KPK

Sembari Satya berdiskusi dengan timnya, Romanus kemudian menanyakan persoalan yang sama kepada termohon KPK yang diwakili Iskandar Marwoto.

Halaman
123
Penulis: Gita Irawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved