Breaking News:

Virus Corona

Mal Belum Aman untuk Anak di Bawah Usia 12 Tahun, Mengapa?

Aman berharap ke depan ada upaya untuk mempercepat dan mengizinkan pemberian vaksinasi untuk anak usia di bawah 12 tahun.

TRIBUN LAMPUNG/TRIBUN LAMPUNG/DENI SAPUTRA
Ilustrasi pusta perbelanjaan di BANDAR LAMPUNG- Warga mengunjungi pusat perbelanjaan di Mall Bumi Kedaton, Rabu (25/8/2021). Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 di bandar Lampung di perpanjang hingga 6 September 2021, namun pemerintah kota Bandar Lampung memberikan kelonggaran aktifitas pada sektor ekonomi termasuk pusat perbelanjaan atau mal untuk dibuka dengan pembatasan jumlah pengunjung sebanyak 50 persen dan jam beroperasi mulai pukul 10.00 WIB - 20.00 WIB. (Tribunlampung.co.id/Deni) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dr Aman Pulungan menilai pusat perbelanjaan atau mal belum sepenuhnya aman bagi anak-anak di bawah 12 tahun saat masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Alasannya, anak-anak kelompok ini belum menerima vaksinasi Covid-19.

"Kalau ditanya aman ya pasti tidak aman (untuk anak di bawah 12 tahun). Tapi ini desakan pelaku ekonomi, karena tanpa anak-anak mal pasti sepi," ujarnya dalam diskusi virtual bersama IDAI, Rabu (22/9/2021).

Selain itu, masih banyak ditemukan orang dewasa yang tetap beraktivitas di ruang publik meski masuk kategori kontak erat bahkan positif covid-19 serta belum atau menolak vaksinasi.

"Untuk saat ini, saya rasa belum aman memang, karena ternyata banyak juga orang dewasa karena alasan tertentu belum divaksin, jadi berarti dia bisa masuk ke mal nantinya dengan berbagai cara," ucapnya.

Karena kondisi itulah, menurutnya anak-anak di bawah 12 tahun belum aman jika diajak ke mal.

Meski demikian, Aman berharap ke depan ada upaya untuk mempercepat dan mengizinkan pemberian vaksinasi untuk anak usia di bawah 12 tahun.

"Saya rasa di bawah 12 tahun ini harus diimunisasi, karena kalau saya rasa, saya melihat cucu saya di bawah 12 tahun ya saya enggak akan ke mal sama cucu saya," ujarnya.

Baca juga: Anies Baswedan Minta Masyarakat Tak Lengah Meski Angka Kasus Covid-19 di Jakarta Kian Terkendali

Sebelumnya diketahui, anak-anak di DKI Jakarta, Kota Bandung, Kota Semarang, Kota Yogyakarta, dan Kota Surabaya kini sudah diperbolehkan masuk mal meski belum divaksin.

Hal itu didasari dengan kebijaan Perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) periode 21 September - 4 Oktober 2021.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengatakan, meskipun anak-anak usia di bawah 12 tahun tetap diperbolehkan masuk diimbau jika tidak terlalu mendesak, maka anak sebaiknya tinggal di rumah saja.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved