Breaking News:

KLHK: Festival Peduli Sampah Nasional Tahun 2021 Berlangsung Hingga Bulan Desember

Festival Peduli Sampah Nasional tahun 2021 (FPSN) masih berlangsung hingga Desember 2021.

Editor: Wahyu Aji
Dokumentasi KLHK
Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) masih akan menggelar serangkaian webinar yang mengusung tema “Kolaborasi Dan Sinergi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Melalui Penerapan Circular Economy” hingga bulan Desember. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTAFestival Peduli Sampah Nasional tahun 2021 (FPSN) masih berlangsung hingga Desember 2021.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyatakan masih akan menggelar serangkaian webinar yang mengusung tema “Kolaborasi Dan Sinergi Pengelolaan Sampah Berkelanjutan Melalui Penerapan Circular Economy”.

Webinar ini menampilkan komitmen dari multi stakeholder dalam mengatasi persoalan sampah, terutama sampah kemasan plastik.

“FPSN akan menampilkan narasumber dari berbagai kalangan mulai pemerintah, dunia usaha, kelompok masyarakat peduli sampah hingga kelompok pengelola Bank Sampah,” ujar Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah Limbah dan B3 (PSLB3) Rosa Vivien Ratnawati dalam keterangannya.

Upaya untuk mengelola sampah tersebut memerlukan kebijakan dan strategi yang tepat.

Yakni dengan menyinergikan antara perlindungan lingkungan hidup, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas sosial dengan tujuan akhir melaksanakan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) termasuk di dalamnya adalah pengelolaan sampah berkelanjutan (sustainable waste management).

Salah satu pendekatan dalam pengelolaan sampah yang berkelanjutan yang saat ini ramai diperbincangkan adalah pendekatan circular economy.

Baca juga: Rekam Aksi Viral Bapak-bapak Pungut Makanan dari Sampah, Pengunggah: Jangan Lupa Bersyukur

Pendekatan circular economy sudah diadopsi beberapa negara, antara lain Jepang (dengan istilah sound material-cycle society), Korea Selatan (dengan istilah green growth), China, dan Uni Eropa.

Salah satu prinsip penting dalam circular economy adalah mengeliminasi produk dan kemasan produk yang dipastikan tidak dapat masuk ke dalam sistem circular economy.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved