Breaking News:

Penanganan Covid

Syarat dan Ketentuan Vaksinasi Covid-19 untuk Anak 6 Tahun ke Atas, Pakai Vaksin Sinovac

Ini syarat dan ketentuan pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6 tahun ke atas, menggunakan vaksin Coronavac produksi Sinovac.

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Daryono
Freepik
Ilustrasi vaksinasi - Pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun sudah mendapatkan izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), ini syarat dan ketentuan pemberian vaksinasi. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini syarat dan ketentuan pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6 tahun ke atas.

Diketahui, pemberian vaksinasi Covid-19 pada anak usia 6-11 tahun sudah mendapatkan izin resmi dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dikutip dari pom.go.id, Vaksin Sinovac (Vaksin Coronavac produksi Sinovac Life Science Co., Ltd China dan Vaksin COVID-19 PT Bio Farma) telah disetujui untuk indikasi pencegahan Covid-19 yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 pada anak usia 6-11 tahun. 

Persetujuan pemberian vaksinasi ini diperoleh setelah dilakukan pembahasan dan pengkajian bersama Tim Komite Nasional Penilai Khusus Vaksin Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) terhadap aspek khasiat dan keamanannya.

"Badan POM memutuskan bahwa permohonan penambahan indikasi Vaksin Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun dengan pemberian 2 dosis (600 SU atau 0,5mL/dosis) dalam interval pemberian 4 minggu, dapat diterima." ujar Kepala Badan POM RI, Penny K. Lukito dalam konferensi pers yang disampaikan pada Senin (01/11/2021).

"Vaksin Sinovac menjadi vaksin pertama yang disetujui di Indonesia untuk diberikan kepada anak usia 6-11 tahun." lanjutnya.

Baca juga: 5 FAKTA Covaxin, Vaksin Covid-19 dari India yang Baru Saja Disetujui WHO untuk Penggunaan Darurat

Baca juga: Vaksin Sinovac, Vaksin Covid-19 Pertama yang Terdaftar di BPOM dan Bisa untuk Anak Usia 6-11 Tahun

Namun sebelumnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anak usia 6-11 tahun mendapat suntikan vaksin Covid-19.

Melalui rilis resmi IDAI, pemberian imunisasi Covid-19 pada anak golongan usia 6-11 tahun adalah Vaksin Coronavac atau Sinovac yang diberikan secara intramuskular dengan dosis 3ug (0,5 ml).

Dosis tersebut diberikan sebanyak dua kali pemberian dengan jarak dosis pertama ke dosis kedua, yaitu 4 minggu.

Syarat Vaksinasi Covid-19 bagi Anak Usia 6-11 Tahun:

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved