Virus Corona

Bio Farma: Studi Efikasi Vaksin Booster Direncanakan Awal 2022

PT Bio Farma segera memulai studi efikasi vaksin booster Covid-19 pada awal tahun 2022

Editor: Erik S
tangkapan layar
Kabag Ops.Pelayanan PT Bio Farma Erwin Setiawan 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA- PT Bio Farma (Persero) segera memulai studi efikasi vaksin booster Covid-19 pada awal tahun 2022. Nantinya BUMN bidang farmasi ini akan menggandeng perusahaan produsen vaksin Sinovac dalam penelitian tersebut.

Kabag Ops.Pelayanan PT Bio Farma Erwin Setiawan menjelaskan, studi dilakukan guna mengetahui efikasi dan efektivitas vaksin booster sebagai perlindungan tambahan.

"Untuk penelitian PT Bio Farma sendiri untuk vaksin booster Januari 2022. Kita kerja sama dengan Sinovac untuk melakukan studi efikasi booster yang akan dilaksanakan tahun depan," ujar Erwin dalam dialog virtual FMB9 dan KCPEN, Kamis (18/11/2021).

Meski demikian, studi efikasi vaksin booster telah dilakukan produsen Sinovac di China. Studi menunjukkan hasil yang baik, yakni memberikan perlindungan yang efektif.

Baca juga: Cara Pencegahan Covid-19, Langkah Mudah Lindungi Diri dari Virus

"Sinovac itu sendiri itu sudah melakukan studi efikasi terkait dengan booster dan dan hasilnya memang cukup baik terjadi peningkatan yang signifikan dari penyuntikan vaksin booster Sinovac," jelasnya.

Hasil studi efikasi ini, akan menjadi acuan pemerintah untuk kembali menambah kapasitas vaksin Covid-19 di Tanah Air.

Baca juga: Kasus Harian Corona Indonesia 17 November 2021 Peringkat ke-25 Dunia, Tambah 522 Kasus

Selain Sinovac, PT Bio Farma juga akan bekerja sama dengan produsen vaksin Sinopharm.

"Kita juga akan mengoptimalkan kerja sama yang sudah terjalin dengan dengan Sinovac untuk meningkatkan kapasitas produksi yang sudah kita miliki Dan juga meningkatkan kerjasama lagi dengan Sinopharm," jelas Erwin.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved