Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Peringatan Dini BMKG Jumat 26 November 2021: Waspada Sulawesi Barat dan Maluku Utara Hujan Lebat

Berikut ini peringatan dini BMKG Jumat 26 November 2021: Waspada Sulawesi Barat, Maluku Utara dan 28 wilayah lainnya alami hujan lebat disertai angin.

KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES
Ilustrasi Hujan Lebat - Berikut ini peringatan dini BMKG Jumat 26 November 2021: Waspada Sulawesi Barat, Maluku Utara dan 28 wilayah lainnya alami hujan lebat disertai angin. 

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini peringatan dini cuaca ekstrem BMKG Jumat 26 November 2021.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem di 33 wilayah Indonesia untuk besok Jumat 26 November 2021

Hujan berintensitas lebat yang disertai kilat/petir hingga angin kencang diperkirakan akan mengguyur 30 wilayah di Indonesia.

30 Wilayah tersebut di antaranya Sulawesi Barat, Maluku Utara, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Jawa Barat, Jambi, NTT, NTB dan Aceh.

Waspada Sulawesi Barat, Maluku Utara dan 28 wilayah lainnya akan mengalami hujan lebat disertai kilat/petir dan angin.

Baca juga: Siklon Paddy Diperkirakan Reda setelah 24 Jam, Inilah Dampak Cuaca dan Gelombang Laut di Indonesia

Baca juga: Waspadai Dampak Perubahan Cuaca pada Kesehatan Kulit dan Rambut

Sementara hujan berintensitas sedang yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang diprediksi akan mengguyur 3 wilayah di Indonesia, antara lain yakni Riau, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan.

Berdasarkan informasi pada laman web.meteo.bmkg.go.id, Deputi Bidang Meteorologi menyampaikan Bibit Siklon Tropis 91S terpantau di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang membentuk low level jet dengan kecepatan angin lebih dari 25 knot yang memanjang di Samudra Hindia barat daya Sumatera yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di sepanjang wilayah low level jet tersebut.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia selatan Banten, Laut Natuna dan Laut Maluku bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Samudra Hindia selatan Jawa barat, Laut Natuna, Laut Sulawesi dan di Maluku Utara.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh, dari Laut Jawa hinngga Kalimantan Selatan, dari Laut Jawa bagian timur hingga Sulawesi bagian selatan, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur, dari Sulawesi Barat hingga Sulawesi Tengah, di Maluku bagian tenggara, dan di Papua bagian tengah.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah bibit siklon tropis, sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved