Breaking News:

KSAL Masih Tunggu Serah Terima Kapal Selam KRI Cakra-401 yang Selesai Overhaul 

Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan pihaknya masih menunggu serah terima Kapal Selam KRI Cakra-401 yang telah selesai overhaul dari Kemenhan.

Penulis: Gita Irawan
Editor: Wahyu Aji
youtube
KRI Cakra 401 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan pihaknya masih menunggu serah terima Kapal Selam KRI Cakra-401 yang telah selesai overhaul dari Kementerian Pertahanan.

Yudo mengatakan berdasarkan uji coba hasil overhaul tersebut bagus.

Hal tersebut disampaikannya usai menutup KASAL CUP Olahraga Perairan Tahun 2021 di Pantai Festival Ancol Jakarta Utara pada Minggu (28/11/2021).

"Selesai dilaksanakan overhaul akan diserahkan kepada Angkatan Laut. Tetapi hasilnya kemarin sudah dicoba semuanya, hasilnya bagus, artinya sudah dicoba dari komunitas ABK kapal selam. Tentunya dari Kementerian Pertahanan baru diserahkan kepada Angkatan Laut," kata Yudo.

Diberitakan Kompas.com sebelumnya, Kapal selam KRI Cakra-401 sukses menjalani commodore inspection atau inspeksi komodor dalam upaya overhaul yang dilakukan PT PAL Indonesia (Persero).

Pelaksanaan inspeksi komodor dipimpin Wakil Asisten Operasi (Waasops) KSAL Laksma TNI Wasis Priyono S yang digelar di Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, selama dua hari.

"Pencapaian overhaul KRI Cakra begitu membanggakan, di mana terdapat kepercayaan tinggi untuk mencapai kedalaman di atas 200 meter" ujar Wasis Priyono yang juga selaku Ketua Tim Commodore Inspection, dalam keterangan tertulis PT PAL, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: KSAL Akan Siapkan KRI, Pesawat Udara Hingga Pasukan Marinir Untuk Dukung Pengamanan KTT G20

Sementara itu, Project Manager KRI Cakra-401 Kolonel Laut (T) Wiranto mengatakan, KRI Cakra-401 telah mampu mencapai kecepatan maksimal di atas permukaan air dan di bawah permukaan air.

"Menilik fungsi dan kemampuan penyelamannya, KRI Cakra-401 juga telah menunjukkan hasil yang memuaskan dengan melakukan penyelaman sampai 200 meter," ujar Wiranto.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved