Breaking News:

Virus Corona

67 per 100 Penduduk Indonesia Sudah Terima Vaksin Covid-19 Dosis Pertama

67 per 100 penduduk Indonesia yang menjadi target vaksinasi sudah mendapatkan suntikan dosis pertama.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Peserta vaksinasi di Sentra Vaksinasi Covid-19, di Rumah Sakit Hermina Pasteur, Jalan Dr. Djunjunan, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/11/2021). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rina Ayu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga 1 Desember 2021, 67 per 100 penduduk Indonesia yang menjadi target vaksinasi sudah mendapatkan suntikan dosis pertama.

Dikutip dari laman Covid-19, jumlah tersebut diperoleh dari data pelaksanaan vaksinasi yang berjalan hampir 1 satu ini.

Total vaksinasi dosis 1 sudah mencapai 140.205.046 dosis (67,32 persen dari target) dan vaksinasi dosis 2 atau lengkap sudah mencapai 96.519.346 dosis atau 46,34 persen dari target.

Total sasaran vaksinasi di Indonesia mencapai 208.265.720 penduduk, yang terdiri dari tenaga kesehatan, lansia, petugas publik, masyarakat rentan, anak usia 12-17 tahun, serta masyarakat umum.

Jika orang di sekitar ada yang belum divaksinasi? Bantu mereka untuk mendapatkan vaksin Covid-19, dengan mengecek ketersediaan vaksin di daerahmu melalui situs web https://vaksin.kemkes.go.id/#/alokasi_vaksin

Baca juga: Jepang Mulai Suntikkan Vaksinasi Booster, Gunakan Vaksin Dalam Negeri Shionogi

Sementara vaksinasi lansia masih perlu terus digenjot, karena baru mencakup sekitar 53 persen untuk dosis pertama.

Guna percepatan vaksinasi lansia ini, dilakukan upaya mendekatkan vaksinasi kepada masyarakat, seperti sistem door to door dan Posyandu lansia.

Baca juga: Tingkat Vaksinasi Capai 60,21%, PPKM di Kabupaten Semarang Turun ke Level 1

Selain itu, terus melakukan sosialisasi dan edukasi agar para lansia bersedia divaksin, dengan menggandeng tokoh masyarakat, agama, media, juga memastikan tenaga kesehatan menyampaikan informasi yang benar.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi meluruskan persepsi keliru, lansia yang memiliki banyak penyakit penyerta maka tubuhnya lemah untuk divaksin.

Justru lansia harus dibantu imunitasnya melalui vaksinasi. Bahkan vaksin Covid-19 justru didesain untuk kaum lansia dan penderita komorbid, sehingga vaksin tersebut akan memberikan perlindungan yang diharapkan. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved