Jokowi Setujui 3 Persen Dana Desa untuk Operasional

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penggunaan dana desa sebesar 3 persen untuk operasional.

Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam acara Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, (29/3/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS. COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penggunaan dana desa sebesar 3 persen untuk operasional.

Hal itu disampaikan Presiden dalam acara Silaturahmi Nasional Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Tahun 2022 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa, (29/3/2022).

"Pak Surta (Ketua Apdesi) minta Pak Kalau bisa ya 4 persen atau 5 persen dari total anggaran, nda, nda, nda. untuk yang pertama ya saya berikan tiga persen, nanti tahun berikut bisa ke 4 atau 5 persen, ini tolong dicatat," kata Jokowi.

Presiden mengatakan penggunaan sebagian dana desa untuk operasional memang perlu dilakukan, meskipun perangkat desa telah mendapatkannya dari anggaran Kabupaten.

Baca juga: Jokowi Ungkap Penanganan Pandemi Indonesia yang Tidak Ada di Negara Lain

"Bapak Ibu semuanya kan juga sudah dapat dari pemerintah Kabupaten ya kan, ini ada khusus untuk dana operasional untuk dana desanya. Tapi saya menyadari betul kerja keras bapak ibu sekalian karena hasilnya tadi sudah disampaikan oleh Pak Mendagri Pak Tito," katanya.

Presiden mengatakan penggunaan dana desa telah terlihat hasilnya. Mulai dari pembuatan embung, irigasi, jembatan, hingga jalan desa. Infrastruktur tersebut akan menopang pertumbuhan ekonomi di desa.

"Semuanya jelas kongkrit, fisik ada ini akan menjadi penopang pertumbuhan ekonomi di desa maupun nanti diagregatkan menjadi pertumbuhan ekonomi nasional," katanya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved