KLHK Siapkan Lahan Persemaian Mentawir IKN Seluas 120 Hektar

KLHK telah menyiapkan lahan seluas 120 hektar di Kawasan Hutan Produksi sebagai lokasi pembangunan Persemaian Mentawir.

Editor: Adi Suhendi
dok KLHK
Menteri LHK Siti Nurbaya saat melakukan Kick Off Pembangunan Persemaian Mentawir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (18/05/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menyiapkan lahan seluas 120 hektar di Kawasan Hutan Produksi di Desa Mentawir Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur sebagai lokasi pembangunan Persemaian Mentawir.

Hal ini disampaikan Menteri LHK Siti Nurbaya saat melakukan Kick Off Pembangunan Persemaian Mentawir di Ibu Kota Nusantara (IKN), Rabu (18/05/2022).

Siti mengatakan persemaian yang disiapkan sebagai penyuplai bibit untuk rehabilitasi lahan dan pemulihan lingkungan di kawasan IKN dan sekitarnya.

Sarana utama persemaian seluas 32,5 ha akan dibangun untuk memproduksi bibit lebih kurang 15 juta batang per tahun.

"Refleksi yang ingin disampaikan pemerintah dalam pembangunan persemaian ini adalah bahwa pemulihan lingkungan berlangsung beriringan dengan pembangunan infrastruktur IKN," ujar Siti Nurbaya dalam keterangannya.

Baca juga: Kisah Teguh, Pesepeda Asal Klaten yang Meninggal saat Menuju IKN, Sempat Gowes ke Aceh

Ia menyebutkan refleksi ini berdasarkan instruksi Presiden Jokowi, agar pembangunan IKN betul-betul merefleksikan cara-cara pembangunan yang ideal dan harus low carbon.

Bahkan dari sisi kehutanan, 75 % tutupan lahannya harus hijau, karena konsepnya forest city.

"Saat ini tutupan hutannya hanya 42 persen dan kita harus mengimprove tutupan hutan di IKN hingga 75 persen," ucap Siti.

Siti Nurbaya juga mengapresiasi kontribusi badan usaha dalam pembangunan Persemaian Mentawir dengan konsep Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU)/Public Private Partnership.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved