Presidensi G20

Antisipasi Terorisme Jelang KTT G20 di Bali, BNPT Gandeng Sejumlah Elemen Masyarakat

Masyarakat lintas agama dan budaya harus bersatu membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Ist
Dialog kebangsaan dan deklarasi kesiapsiagaan nasional yang diselenggarakan Deputi Bidang Penindakan dan Kemampuan BNPT di Bali pada Rabu (29/6/2022). BNPT mengantisipasi terorisme jelang KTT G20 di Bali. 

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggandeng 200 unsur masyarakat dari tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, mahasiswa, dan pecalang dalam meningkatkan kesiapsiagaan nasional untuk mencegah aksi teror menjelang KTT G20 di Bali.

Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar mengatakan masyarakat lintas agama dan budaya harus bersatu membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi intoleransi, radikalisme dan terorisme.

Menurutnya, masyarakat adalah aktor non negara yang menjadi kekuatan utama untuk mengamankan dan memajukan bangsa.

"Kolaborasi unsur masyarakat, pemerintah dan tokoh yang ada perlu kita bangun sehingga Indonesia jadi negeri yang damai, kita membangun kewaspadaan bersama tidak hanya unsur aparatur negara saja tapi kewaspadaan punya semua masyarakat," kata Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar dalam dialog kebangsaan dan deklarasi kesiapsiagaan nasional yang diselenggarakan Deputi Bidang Penindakan dan Kemampuan BNPT di Bali pada hari Rabu (29/6/2022).

Baca juga: BNPT dan Al Azhar Kairo Kerja Sama Perkuatan Narasi Islam Moderat di Indonesia

Dia menambahkan ancaman radikalisme terorisme tidak boleh diremehkan, terlebih saat menjelang KTT G20.

BNPT pun telah melakukan koordinasi dengan aparat keamanan dalam melakukan mapping terhadap pergerakan kelompok teror.

Mengingat Bali menjadi salah satu destinasi terkenal, dia berharap tidak ada lagi aksi teror seperti yang pernah terjadi di tahun 2002 dan 2005.

"Kita tidak boleh underestimate dalam bidang terorisme, BNPT melakukan pencermatan, mapping pergerakan terorisme yang ada karena kita tidak ingin peristiwa memilukan terjadi lagi," lanjutnya.

Dialog Kebangsaan Sebagai Media Membangun Rasa Persatuan Masyarakat

Pembangunan kesadaran masyarakat dalam rangka meningkatkan kewaspadaan nasional terus dilakukan BNPT, salah satunya melalui kegiatan-kegiatan interaktif semacam dialog kebangsaan.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved