Core Values ASN BerAKHLAK Kawasan Timur Diluncurkan di Maluku, Percepat Transformasi Birokrasi

Pemprov Maluku meluncurkan Core Values BerAKHLAK & Employer Branding ASN. Untuk pertama kalinya Core Values ASN BerAKHLAK diluncurkan di kawasan timur

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Dewi Agustina
Tribunnews.com/Istimewa
Peluncuran Core Values ASN BerAKHLAK (Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dan Employer Branding Bangga Melayani Bangsa pada Jumat (20/5/2022). Di kawasan Timur Indonesia Core Values ASN BerAKHLAK diluncurkan di Maluku. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku meluncurkan Core Values BerAKHLAK dan Employer Branding ASN. Untuk pertama kalinya Core Values ASN BerAKHLAK diluncurkan di kawasan Timur Indonesia.

Core Values ASN BerAKHLAK meliputi Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Sedangkan Employer Branding ASN adalah Bangga Melayani Bangsa. Core value ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo tahun 2021.

Baca juga: Kementerian PANRB Gelar Rakor Implementasi Core Values BerAKHLAK

"Saya mendukung sepenuhnya program Presiden Republik Indonesia tentang ASN BerAKHLAK dalam rangka menggerakkan percepatan transformasi birokrasi aparatur sipil negara di wilayah Provinsi Maluku," ujar Gubernur Maluku Murad Ismail melalui keterangan tertulis, Minggu (17/7/2022).

Sementara itu, Wakil Gubernur Maluku Barnabas N Orno mengatakan langkah ini untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional, adaptif, kreatif, berintegrasi, berkinerja tinggi, bersih dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Serta mampu melayani publik secara netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai nilai dasar serta kode etik aparatur sipil negara yang bekerja dengan hati.

"Namun, untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah mudah tetapi diperlukan upaya luar biasa dalam menata ulang reformasi birokrasi ASN yang memiliki terobosan dan pemikiran baru di luar kebiasaan dan rutinitas sehari hari," kata Barnabas.

Untuk itu, ia menekankan kepada para jajaran ASN di Maluku beberapa hal, salah satunya terkait nilai budaya kerja BerAKHLAK yang di launching dengan slogan ‘Bercahaya dari Timur’.

"Jangan sebatas slogan atau motto saja namun harus ditindaklanjuti secara nyata di lapangan melalui perubahan atau mindset dari cara kerja birokrasi yang profesional. Dalam artian bukan hanya cerdas dalam bekerja tapi memiliki juga moralitas yang terpuji untuk bekerja dengan hati," tutur Barnabas.

Sementara itu, pendiri ESQ Group, Ary Ginanjar Agustian mengucapkan terima kasih sekaligus mengapresiasi perhelatan yang menurutnya luar biasa ini.

"Luar biasa pertemuan pertama dengan Wakil Gubernur Maluku ini. Saya menyangka wakil gubernur itu orangnya birokratis seperti zaman dulu. Tetapi ketika saya bertemu beliau sangat sangat informal, menyambut tamu dengan cara yang menyatu dengan masyarakat," ucap Ary.

Dari sekian banyak daerah yang sudah meluncurkan Core Values ASN BerAKHLAK, Provinsi Maluku-lah yang paling meriah acaranya.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved