Roy Suryo dan Stupa Borobudur

Polisi Tahan Roy Suryo dan Sita Akun Twitter @KRMTRoySuryo2 Terkait Kasus Meme Stupa Candi Borobudur

Roy Suryo ditahan penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dalam kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur dan akun twitternya disita.

Penulis: Fandi Permana
Editor: Adi Suhendi
Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti
Pakar Telematika, Roy Suryo ditahan Polda Metro Jaya dan akun twitternya @KRMTRoySuryo2 disita terkait kasus meme stupa Candi Borobudur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fandi Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar Telematika Roy Suryo ditahan penyidik Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya dalam kasus unggahan meme stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Jokowi.

Setelah tiga kali diperiksa sebagai tersangka, Roy Suryo ditahan mulai malam ini di Polda Metro Jaya.

“Mulai malam hari ini terhadap saudara Roy Suryo Notodiprojo laki-laki usia 52 tahun sebagai tersangka dalam kasus ujaran kebencian ini mulai malam ini dilakukan penahanan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (5/8/2022).

Penahanan Roy Suryo dilakukan selama 20 hari ke depan.

Alasan dilakukan penahanan terhadap Roy karena ada kekhawatiran dari penyidik yang bersangkutan akan menghilangkan barang bukti dan lain sebagainya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Roy Suryo Ditahan Polda Metro Jaya Terkait Kasus Meme Stupa Candi Borobudur

Hal itu tertuang dalam pasal 21 ayat 1 KUHAP.

Penyidik juga melakukan penyitaan sejumlah barang bukti atas kasus tersebut.

Di antaranya akun Twitter @KRMTRoySuryo2 hingga ponsel milik Roy Suryo.

“Kemudian beberapa barang bukti yang disita mulai malam ini terkait tindak pidana ini di antaranya adalah akun twitter saudara Roy Suryo, Handphone saudara Roy Suryo, dan handphone dari saksi atas nama Ade Suhendrawan,” jelas Zulpan.

Baca juga: Roy Suryo Dipastikan Sehat Sebelum Jalani Pemeriksaan Sebagai Tersangka Kasus Meme Stupa Borobudur

Sekadar informasi, Roy Suryo kembali menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus dugaan penistaan agama terkait postingan meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Jokowi.

Roy Suryo memberi memberikan klarifikasi terkait kehadirannya dalam acara komunitas mobil Mercy. Diketahui saat ini Roy Suryo berstatus sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Jokowi.
Roy Suryo memberi memberikan klarifikasi terkait kehadirannya dalam acara komunitas mobil Mercy. Diketahui saat ini Roy Suryo berstatus sebagai tersangka kasus meme stupa Candi Borobudur mirip Jokowi. (Kloase Tribunnews.com/ Twitter ddggmmbbkk)
Halaman
1234
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved