HUT Kemerdekaan RI

Amankan Sidang Tahunan MPR dan Pidato Kenegaraan, Ribuan Pasukan Gabungan Bersiaga di Gedung DPR RI

4.642 personel gabungan jaga Sidang tahunan MPR 2022 dan pidato kenegaraan Presiden jelang hari kemerdekaan RI sedang berlangsung, Selasa (16/8/2022)

istimewa
Presiden Jokowi mengenakan baju adat Paksian dari Bangka Belitung engan motif hijau dengan tutup kepala berwarna emas aat sidang tahunan MPR. Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Komarudin mengatakan total ada 4.642 personel gabungan yang berjaga di gedung DPR RI. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sidang tahunan MPR 2022 dan pidato kenegaraan Presiden jelang hari kemerdekaan RI sedang berlangsung, Selasa (16/8/2022).

Terkini kawasan Gedung DPR RI dijaga ketat aparat keamanan.

Kapolres Jakarta Pusat Komisaris Besar Komarudin mengatakan total ada 4.642 personel gabungan yang berjaga di gedung DPR RI.

Ribuan personel gabungan ini terdiri dari TNI, Polri, dan Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

“Dalam catatan saya, ada 4.642 personel gabungan dikerahkan. Itu sudah termasuk TNI, Polri, Dinas Perhubungan yang diterjunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan pagi hari ini sampai dengan malam hari,” kata Komarudin kepada wartawan, Selasa (16/8/2022).

Dihubungi terpisah, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman menuturkan untuk personel polantas pihaknya mengerahkan 500 personel.

Polantas itu diturunkan untuk mengatur lalu lintas di kawasan DPR RI agar aman dan kondusif terutama untuk rombongan Presiden dan undangan tamu negara.

Meski pengamanan begitu ketat, tidak ada rekayasa lalu lintas yang dilakukan dalam pengamanan kegiatan sidang tahunan di Gedung DPR MPR.

"Tidak tutup total, tapi kita lakukan seperti biasa. Ini diberlakukan pengaman ketat dan memang ada sedikit khususnya yang akan terjadi dengan rombongan (Presiden). Akan kita tutup, kita hentikan sementara untuk memperlancar rombongan Pak Presiden," jelas Latif.

Baca juga: Kisah Jokowi Pilih Baju Adat Paksian Bangka Belitung dalam Pidato Kenegaraan, Disiapkan Hanya 3 Hari

Berdasarkan agenda, acara Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR dan DPD RI akan dimulai 09.30 WIB.

Acara bakal dibuka dengan serangkaian seremonial pembukaan hingga pidato pembukaan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menyampaikan pidato menyampaikan laporan kinerja lembaga-lembaga negara dan pidato dalam rangka HUT ke-77 Republik Indonesia.

Selain itu, presiden juga akan menyampaikan keterangan pemerintah atas RUU APBN 2023 beserta nota keuangannya.
 

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved