Perluas Koneksi Internet, APJII Perkuat Infrastruktur Jaringan

APJII mempersiapkan infrastruktur jaringan yang akan terus dikembangkan hingga 100Gbps untuk menjawab kebutuhan pelanggan.

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Malvyandie Haryadi
Business Insider
Ilustrasi internet. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Fahdi Fahlevi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) Muhammad Arif mengatakan pihaknya mempersiapkan infrastruktur jaringan yang akan terus dikembangkan hingga 100Gbps untuk menjawab kebutuhan pelanggan.

Langkah ini dilakukan untuk memfasilitasi koneksi terbaru IIX.

"Untuk mewujudkan konsep super MMR yang APJII usung, ke depannya kolaborasi dengan data center seperti Atria DC akan terus kami jalin," ujar Muhammad Arif melalui keterangan tertulis, Kamis (25/8/2022).

APJII telah menandatangani nota kesepahaman dengan penyedia layanan data center PT PCDC Propco One (AtriaDC).

Baca juga: APJII: Pemerataan Layanan Telekomunikasi Harus Merata Sampai Ke Daerah 3T

Kerja sama antara APJII dan Atria DC ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan oleh Ketua Umum APJII Muhammad Arif dan Presiden Direktur AtriaDC Angelo Syailendra di Meatsmith, Jakarta Selatan.

Presiden Direktur AtriaDC, Angelo Syailendra mengatakan pihaknya berkomitmen menghadirkan layanan interkoneksi dengan IIX yang rendah latensi.

Sehingga dapat memenuhi kebutuhan infrastruktur digital yang dapat menjangkau kebutuhan semua industri.

“Kami siap memfasilitasi kebutuhan anggota APJII maupun pelanggan dari berbagai industri untuk mendapatkan interkoneksi langsung ke IIX di dalam fasilitas AtriaDC” ungkap Angelo Syailendra.

Baca juga: Penetrasi Internet dan Smartphone Dukung Kemajuan Industri Riset Pasar

Jika sebelumnya pelanggan perlu melakukan interkoneksi ke Gedung Cyber 1 di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, kini pelanggan hanya menghubungkan ke perangkat APJII-IIX yang sudah tersedia di AtriaDC.

Kehadiran koneksi dengan Indonesia Internet Exchange (IIX) akan memudahkan anggota APJII dan seluruh pelanggan untuk terhubung satu dengan yang lainnya di ekosistem exchange AtriaDC yang kaya dan andal.

IIX akan menghadirkan lalu lintas jaringan di AtriaDC dan menghadirkan rute langsung dengan operator jaringan yang akan memberikan pelayanan lebih cepat kepada pelanggan dengan latensi yang lebih rendah.

Terjalinnya kerja sama antara APJII dan AtriaDC ini akan mempercepat laju perkembangan infrastruktur digital di Indonesia.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved