Bursa Capres

Siap Jadi Capres, Sandiaga Uno Dinilai Jeli Baca Peluang untuk Diusung PPP

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Sandiaga Uno cerdas membaca peluang terkait pemilihan presiden (2024).

Tribunnews.com/Dennis Destryawan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.Siap Jadi Capres, Sandiaga Uno Dinilai Jeli Baca Peluang untuk Diusung PPP 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno menilai Sandiaga Uno cerdas membaca peluang terkait pemilihan presiden (2024).

Hal itu menanggapi pernyataan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra tersebut yang menyatakan siap maju dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024.

Adi mengatakan Sandi memiliki feeling politik yang tajam membaca kecenderungan sikap politik partai.

Menurut Adi, sejauh ini PPP merupakan partai yang belum tentukan sikap politik di pilpres termasuk jagoan yang bakal  diusung.

"Dalam konteks inilah Sandi berharap bisa dimention dan diusung PPP maju. Apalagi PPP masuk koalisi KIB yang sudah bisa usung capres dan cawapres sendiri. Di sinilah letak jelinya Sandi," kata Adi kepada Tribunnews.com, Jumat (2/9/2022).

Karena itu, Adi menuturkan Sandi cerdas membaca peluang PPP yang sampai sekarang belum mengumumkan capres yang diusung.

"Posisi PPP yang berada dalam KIB tentu seksi karena bisa usung capres dan cawapres sendiri. Klo PPP rekom Sandi maju itu artinya Sandi sangat berpeluang maju pilpres di luar jalur Gerindra," ujarnya.

Sebelumnya, Sandiaga Uno menyatakan siap maju Pilpres 2024. Terkait pasangan, Sandiaga menyerahkannya ke pilihan partai.

"(Soal pasangan) saya serahkan kepada parpol. Saya ini, pengalaman sebelumnya, parpol-lah yang akan menentukan pilihannya. Dan politik Indonesia semakin dewasa, semakin bijaksana," kata Sandiaga saat ditemui wartawan seusai pertemuan dengan pengurus DPW PPP di kawasan Gedongkuning, Bantul, DIY, Selasa (30/8/2022).

Respon Gerindra

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan, partainya sudah final mengusung Ketua Umum Prabowo Subianto sebagai capres.

Baca juga: Sandiaga Uno Siap Jadi Capres 2024, Pengamat: Timbulkan Gejolak di Gerindra

"Oh jelas kalau di Gerindra sudah final bahwa calon presiden adalah Pak Prabowo kan sudah diketok," kata Dasco kepada di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Dasco menilai, keinginan Sandiaga Uno maju pada Pilpres 2024 merupakan hak politiknya secara pribadi.

"Saya pikir soal penjajakan-penjajakan itu ya mungkin karena Pak Sandi pengen coba menjajaki, karena dia sudah siap tentunya nantinya akan ada langkah politik yang diambil oleh Pak Sandi, itu Pak Sandi yang tahu," ucapnya.

Lebih lanjut, Dasco mengatakan Gerindra tidak bisa melarang keinginan Sandiaga Uno yang ingin nyapres di 2024.

Meskipun partai sudah memutuskan Prabowo Subianto capres yang diusung Gerindra di 2024.

"Ya kami kan gak bisa melarang kalo hak-hak politik seseorang mau maju tapi kan kemudian nanti ada aturan dan etik-etika yang bersih gitu," tandas Wakil Ketua DPR RI itu.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved