Koalisi Partai Politik

Tak Kunjung Koalisi dengan NasDem dan PKS, Demokrat: Mudah-mudahan Segera Terwujud

Andi menyinggung beberapa parpol yang sudah mendeklarasikan koalisi namun hingga saat ini belum menentukan siapa capres dan cawapres yang diusung

Dokumentasi Partai Demokrat
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), melakukan silaturahmi dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh di DPP NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng mengatakan hingga kini partainya masih intens berkomunikasi dengan PKS dan Partai NasDem.

Andi berharap agar ketiga partai politik (parpol) tersebut segera menyepakati untuk berkoalisi.

"Kami dengan PKS dan NasDem masih berusaha untuk terus intens membuat koalisi dan menyepakati calon presiden dan calon wakil presiden. Mudah-mudahan bisa segera terwujud," kata Andi dalam diskusi daring yang diadakan MNC Trijaya, Sabtu (3/9/2022).

Andi lalu menyinggung beberapa parpol yang sudah mendeklarasikan koalisi namun hingga saat ini belum menentukan siapa capres dan cawapres yang diusung.

"Ada koalisi yang duluan terbentuk tapi sampai sekarang capres-cawapresnya kan juga belum jelas," ujarnya.

Lebih lanjut, Andi menuturkan satu-satunya parpol yang memenuhi syarat presidential threshold (PT) 20 persen, hanyalah PDIP.

Namun, kata dia, PDIP juga sampai sekarang belum menentukan koalisi maupun capres yang diusung.

"PDIP bisa jalan sendiri enggak perlu nunggu-nunggu. Sampai sekarang pun belum bisa menentukan calon presiden," ungkapnya.

Baca juga: NasDem Tak Mau Buru-buru Koalisi dengan PKS dan Demokrat

Andi juga menyinggung pernyataan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang sebelumnya sempat mengaku partainya agak sulit untuk bekerja sama dengan Demokrat dan PKS.

"PDIP kan bisa jalan sendiri, tanpa berkoalisi  dengan partai lain. Apalagi enggak mau berkoalisi dengan Partai Demokrat dan PKS," imbuhnya.
 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved