DPR Apresiasi PLN Batalkan Program Konversi Kompor LPG 3 Kilogram ke Listrik

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno mengapresiasi keputusan PT PLN (Persero) membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Adi Suhendi
Tribunnews.com/ Rizki Sandi Saputra
Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno mengapresiasi keputusan PT PLN (Persero) membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Eddy Soeparno mengapresiasi keputusan PT PLN (Persero) membatalkan program pengalihan atau konversi kompor LPG 3 kilogram ke kompor listrik.

"Itu sebuah keputusan yang kita anggap positif perlu disambut secara positif," kata Eddy kepada Tribunnews.com, Rabu (28/9/2022).

Sebab menurutnya, pengunaan kompor induksi diperlukan analisis yang mendalam dan melibatkan semua pemangku kepentingan.

"Karena memang untuk distribusi dan penggunaan kompor induksi membutuhkan analisis yang lebih dalam lagi melibatkan semua pemangku kepentingan termasuk juga, kita mempertimbangkan kebijakan energi secara menyeluruh," ujar Eddy.

Baca juga: PLN Batalkan Program Kompor Listrik, Ini Alasannya

"Jadi ini semuanya harus dibahas secara lebih detail dan komprehensif. Kami berpandangan bahwa pembahasan ini perlu dilakukan sama semua pemangku kepentingan termasuk DPR RI," sambung Eddy.

Sebelumnya, program pengalihan atau konversi kompor LPG 3 kilogram ke kompor listrik akhirnya dibatalkan.

PT PLN (Persero) membatalkan rencana tersebut guna menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“PLN memutuskan program pengalihan ke kompor listrik dibatalkan. PLN hadir untuk memberikan kenyamanan di tengah masyarakat melalui penyediaan listrik yang andal,” kata Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo dalam keterangan tertulisnya, Selasa (27/9/2022).

Baca juga: Program Kompor Listrik Sempat Dikritik Mulan Jameela hingga Akhirnya Dibatalkan PLN

Rencana pemerintah mengkonversi kompor LPG ke kompor listrik atau induksi sebelumnya banyak mendapat sorotan.

Termasuk dari anggota DPR RI, Mulan Jameela.

Bahkan karena kritikannya itu nama Mulan muncul di trending topics di Twitter pada Jumat (23/9/2022) siang.

Banyak yang mengaku setuju dengan kritikan yang dilontarkan istri Ahmad Dhani tersebut saat rapat kerja Komisi VII dengan Ditjen ILMATE Kemenperin, Rabu (21/9/2022).

Dalam kritikannya Mulan menilai kebijakan untuk mengubah kebiasaan masyarakat dari menggunakan kompor LPG menjadi menggunakan kompor listrik hanya akan menimbulkan masalah baru.

Baca juga: Ingin Gunakan Kompor Listrik tapi Pengguna Harus Tambah Daya, Begini Kata PLN 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved