Bursa Capres

PAN Masih Belum Dukung Siapapun terkait Tokoh Capres

Yandri Susanto mengatakan saat ini masih banyak nama yang beredar di internal PAN dan pihaknya masih belum mengerucutkannya ke satu nama.

Istimewa
PAN Masih Belum Dukung Siapapun terkait Tokoh Capres 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Hingga saat ini Partai Amanat Nasional (PAN) belum punya dukungan terhadap tokoh manapun ihwal calon presiden (capres), termasuk juga terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang baru dideklarasikan oleh Partai Nasional Demokrat (NasDem) berapa waktu lalu. 

Wakil Ketua Umum (Waketum) PAN Yandri Susanto mengatakan saat ini masih banyak nama yang beredar di internal PAN dan pihaknya masih belum mengerucutkannya ke satu nama.

Pun jika ada kader PAN yang menyatakan dukungan terhadap tokoh manapun yang dideklarasikan sebagai capres, termasuk Anies dalam hal ini, itu hanya sebatas pendapat pribadi.

“Kalau di PAN kan memang masih banyak nama beredar dan belum mengerucut ke satu nama, jadi belum ada keputusan sampai sekarang kita dukung siapa, termasuk belum ada keputusan untuk dukung Anies atau tidak,” ujar Yandri kepada awak media di kawasan parlemen, Kamis (6/10/2022). 

“Jadi kalau ada informasi majelis penasihat atau kader PAN dukung, itu mungkin pendapat pribadi. Tapi secara kelembagaan, secara kepartaian kami pastikan PAN belum keluarkan secara resmi siapa yang diusung sebagai capres,” tambahnya.

Lebih lanjut, pria yang juga merupakan Wakil Ketua MPR ini mengatakan pengerucutan nama dalam internal PAN ihwal tokoh yang bakal diusung sebagi capres bakal dilakukan sekitar akhir tahun ini. Namun tidak juga menutup kemungkinan bakal lebih cepat. 

Baca juga: Deklarasikan Anies Capres, Posisi NasDem jadi Serba Sulit Kedekatan dengan Jokowi Terkikis

Memang, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN nama Anies masuk sebagai calon tokoh yang bakal diusung sebagai capres. Namun, lanjut Yandri, semua kembali menunggu mandat dari Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan.

“Dari hasil Rakernas kemarin kan memang nama Anies masuk ya dari unsur kepala daerah. Itu akan kita putuskan satu nama. Diberi mandat kepada Ketum siapa nanti yang akan diusung PAN. Bisa akhir Desember atau lebih cepat juga bisa, atau awal tahun juga bisa,” ujar Yandri. 

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved