Breaking News:

HUT Partai Nasdem

Diminta Mundur dari Kabinet, Ferdinand: Nasdem, Surya Paloh Sudah End Game Bagi Jokowi

tindakan Jokowi itu menjadi bukti bahwa Eks Gubernur DKI Jakarta itu tidak senang dengan manuver politik dari Surya Paloh.

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Johnson Simanjuntak
Biro Pers Istana Kepresidenan/Muchlis Jr
Presiden Jokowi dan Surya Paloh berlangkulan.Diminta Mundur dari Kabinet, Ferdinand: Nasdem, Surya Paloh Sudah End Game Bagi Jokowi 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketidakhadiran dan tiada ucapan selamat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di HUT ke-7 Partai Nasdem menuai tanda tanya.

Hal ini pun menuai spekulasi soal ketidakharmonisan antara Surya Paloh dan Jokowi.

Aktivitis dan Politisi Nasional, Ferdinand Hutahaean menilai tindakan Jokowi itu menjadi bukti bahwa Eks Gubernur DKI Jakarta itu tidak senang dengan manuver politik dari Surya Paloh.

Dia menilai hubungan keduanya kini telah selesai.

"Kalau memang pak Jokowi masih menilai NasDem Dan pak Surya Paloh itu adalah teman tentu pak Jokowi akan menyampaikan ucapan selamat. Namanya teman pastikan mengucapkan selamat ulang tahun, ini kan tidak ada sama sekali. Tidak datang dan tidak mengucapkan. Artinya bagi pak Jokowi tidak disampaikan saja tapi NasDem, Surya Paloh, sudah End Game bagi pak Jokowi," kata Ferdinand dalam diskusi di Jakarta, Sabtu (12/11/2022).

Ferdinand Hutahaean
Ferdinand Hutahaean (Ist)

Karena itu, Ferdinand menyarankan agar Surya Paloh menarik kadernya dari kabinet Jokowi.

Dia mengingatkan Surya Paloh harus bersikap sebagai negarawan.

"Analisis saya bagi Pak Jokowi end game sudah. Saya hanya menunggu sebetulnya kejantanan pak Surya Paloh akan mundur dari kabinet Indonesia dan tariklah kadernya. Saya minta Surya Paloh semakin jantan semakin gagah untuk tarik kadernya dari kabinet," ungkapnya.

Eks Politikus Partai Demokrat itu menilai bahwa mundurnya Surya Paloh agar tidak menjadi duri dalam daging di dalam kabinet Presiden Jokowi.

"Supaya kabinet ini lebih harmonis bekerja untuk membangun bangsa ini ke depan. Supaya tidak menjadi duri dalam daging. Kan enggak enak jadi duri, nusuk-nusuk, nyakitin," tukasnya.

Baca juga: Jokowi Sebut 2024 Jatah Prabowo, Surya Paloh Tunggu Presiden Ucap Serupa ke Anies Baswedan

Sebelumnya Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan respon soal ketidakhadiran bahkan belum adanya ucapan Ulang Tahun dari Presiden Joko Widodo di hari jadi Partai NasDem ke-11 tahun, Jumat (11/11/2022).

Kepada media, Surya Paloh mengaku tidak mengetahui kenapa orang nomor satu di Indonesia itu belum mengucapkan ulang tahun ke partainya.

"Ah tanya sama pak Jokowi lah, masa tanya sama NasDem," kata Surya Paloh kepada awak media di sela-sela perayaan HUT NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Jumat (11/11/2022).

Surya Paloh hanya memaklumi kondisi kesibukan dari Presiden Jokowi, sehingga hal tersebut yang diyakini oleh pihaknya kenapa Jokowi belum mengucapkan selamat kepada NasDem.

Kendati begitu, Surya Paloh tetap berharap kalau Presiden Jokowi mengucapkan selamat ulang tahun kepada pihaknya.

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved