KTT G20 Bali

Menlu Korea Selatan Tak Kebagian Pacul Saat Jokowi Ajak Delegasi G20 Tanam Bibit Mangrove

para delegasi dan pemimpin negara anggota Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tur ke Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove, Ngurah Rai, Bali, pada Rabu

Editor: Wahyu Aji
Istimewa
Para delegasi dan pemimpin negara anggota Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tur ke Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove, Ngurah Rai, Bali, pada Rabu (16/11/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak para delegasi dan pemimpin negara anggota Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 tur ke Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove, Ngurah Rai, Bali, pada Rabu (16/11/2022).

Jokowi mengajak tur para delegasi G20 dengan berjalan kaki, melihat kawasan hijau seluas 1.373 hektare yang berada di pesisir selatan Teluk Benoa ini.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengajak seluruh delegasi termasuk Presiden AS Joe Biden, Presiden Prancis Emmanuel Macron, hingga Perdana Menteri Italia Georgia Meloni untuk memacul tanah, menanam bibit pohon mangrove yang sudah disiapkan.

Menariknya para pemimpin dunia ini tak nampak kesulitan saat diminta mencangkul tanah untuk menguburkan bibit mangrove tersebut.

Namun dari sekian pemimpin negara yang sibuk mencangkul tanah, ada satu delegasi G20 yang diketahui merupakan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Park Jin tidak memegang cangkul.

Ia diduga tak kebagian cangkul dalam sesi ini. Apalagi juga tidak terlihat alat tersebut tersedia di hadapannya. Alhasil Park Jin cuma bisa menyaksikan rekan delegasi di sebelahnya yang nampak sibuk dengan aktivitasnya.

Adapun sesi ini ditutup foto bersama dengan pose para kepala negara mengangkat cangkul ke atas dengan tangan kanannya.

Baca juga: Donald Trump Umumkan Capres 2024, Rivalnya Joe Biden Tanam Pohon Mangrove di Bali

Selanjutnya para delegasi G20 berkeliling kawasan konservasi Tahura yang memiliki 33 jenis pohon bakau, dengan jenis terbanyak pidada putih (Soneratia alba) atau prapat sebutan masyarakat lokal. Jokowi memimpin rombongan melihat bentangan lahan berisi bibit hutan mangrove.

Kegiatan tur ditutup dan masing-masing delegasi meninggalkan kawasan Tahura Mangrove.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved