Prakiraan Cuaca

Cuaca Hari Ini - Peringatan Dini BMKG: Hujan Lebat di 32 Wilayah, Rabu 23 November 2022

BMKG telah merilis peringatan dini cuaca untuk hari ini, Rabu (23/11/2022). 32 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat.

Penulis: Widya Lisfianti
Editor: bunga pradipta p
KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES
Ilustrasi - BMKG telah merilis peringatan dini cuaca untuk hari ini, Rabu (23/11/2022). 32 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat. 

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca untuk hari ini, Rabu (23/11/2022).

BMKG memperkirakan, 32 wilayah di Indonesia berpotensi hujan lebat.

Bibit Siklon Tropis 94S terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Bali yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang di Samudra Hindia selatan dari Jawa Timur hingga Bali, NTB, dan NTT.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan, kecepatan angin, dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudera Hindia Barat Thailand, Samudera Hindia barat daya Lampung, Jawa Bag Tengah, dan Samudera Hindia Utara Maluku Utara yang membentuk konvergensi yang memanjang di Samudra Hindia barat daya-barat Lampung, dari Kalimantan Timur hingga Sulawesi Tenggara, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Utara, dan di Perairan utara Halmahera.

Daerah konvergensi lain juga terpantau memanjang dari Sumatera Barat hingga Kep. Bangka Belitung, di Jawa Bag Tengah hingga Timur, dari Sulawesi Tengah hingga Sulawesi Selatan, di Papua.

Baca juga: Prakiraan Cuaca DKI Jakarta Besok, 23 November 2022: 2 Wilayah Ini Hujan Petir saat Malam Hari

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah:

• Aceh

• Sumatera Utara

• Sumatera Barat

• Riau

• Kep. Riau

• Bengkulu

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved