Gempa Berpusat di Cianjur

Hingga H+10, Ambulans Relawan Masih Hilir Mudik ke Lokasi Gempa Cianjur Bawa Bantuan Logistik

Suara sirine mobil ambulans berbagai relawan tak henti terdengar hingga hari ke-10 dimulainya proses evakuasi dan bantuan korban gempa bumi Cianjur.

Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
Mobil ambulans relawan saat melintas di jalan raya Cipanas-Cianjur saat membawa bantuan logistik untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (1/12/2022). 

TRIBUNNEWS.COM, JAWA BARAT - Suara sirine dari mobil ambulans berbagai relawan tak henti terdengar hingga Kamis (1/12/2022) atau hari ke-10 dimulainya proses evakuasi dan bantuan korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Berdasar temuan Tribunnews di jalur Cipanas-Cianjur, mobil ambulans hilir mudik memasuki lokasi posko-posko pengungsian warga yang terdampak gempa bumi.

Dominan dari ambulans itu terlihat membawa kardus-kardus makanan pokok, mie instan hingga beras dan keperluan logistik lain, termasuk pakaian.

Bahkan beberapa kali, arus lalu lintas di sekitaran lokasi ini terlihat padat merayap mengingat banyaknya kendaraan yang keluar masuk ke area posko pengungsian.

Tak hanya mobil ambulans dari relawan, beberapa bus hingga mobil bantuan dari kementerian/lembaga juga terlihat lalu-lalang di lokasi gempa berkekuatan 5.6 magnitudo ini.

Diketahui, memang gempa yang terjadi pada Senin 21 November 2022 lalu ini telah menyebabkan dampak yang cukup besar bagi masyarakat.

Ratusan bangunan dilaporkan rusak ringan hingga berat yang menyebabkan banyaknya warga mengungsi dari berbagai kecamatan di Kabupaten Cianjur.

Tak hanya menimbulkan dampak materil, gempa bumi ini juga turut menelan korban luka hingga korban jiwa.

Di mana berdasarkan data terbaru dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Data Posko Utama, dilaporkan:

Korban luka-luka : 656 orang
Warga mengungsi : 109.386 orang
Korban meninggal dunia : 328 Orang
Masih dalam pencarian : 12 orang

Perpanjang Operasi Pencarian

Tim SAR Gabungan kembali memutuskan memperpanjang masa operasi pencarian korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

"Proses pencarian korban diperpanjang selama tiga hari ke depan lantaran korban hilang masih banyak dan ada indikasi yang mengarah keberadaan korban, " kata Kepala Kantor SAR Bandung, Jumaril kepada TribunJabar.id, Rabu (30/11/2022) malam. 

Jumaril mengatakan, hingga pukul 17.00 WIB Tim SAR Gabungan telah melasanakan pencarian terhadap 13 korban yang masih dinyatakan hilang. 

Baca juga: Update Gempa Cianjur: 17.864 Rumah Rusak di 16 Kecamatan

Halaman
12
  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved